Capai Indonesia Maju, Bangun Ekosistem Inovasi Indonesia Secara Bersama

AKM • Tuesday, 20 Jun 2023 - 13:03 WIB

Jakarta - Kementrian Pendidkan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KemdikbudRistek) bersama Paragon Corp, dan UGM mengadakan acara “Building Innovation Ecosystem in Indonesia — The MIT REAP framework”.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam mengatakan  acara ini merupakan sebuah gebrakan baru karena untuk pertama kalinya bagi pemerintah dalam membangun ekosistem inovasi, menggunakan multistakeholder approach.

 “Akan ada banyak peran yang dapat dilakukan universitas, pemerintah dan swasta bersama-sama. Biasanya kita bekerja sendiri-sendiri, tapi sekarang kita mencoba membangun ekosistem inovasi bersama-sama,” ujar Nizam dalam sambutannya, di Gedung Kemendikburistek, Jakarta, Selasa (20/6).

Sementara itu, Manajer program sekaligus moderator dalam acara ini, Marina Kusumawardhani menjelaskan, acara ini diadakan guna mencapai Indonesia Maju.

“Kita membutuhkan inovasi teknologi yang hanya dapat dicapai dengan pendekatan ekosistem. Dan untuk ini, kami berniat untuk belajar dari sumber yang terbaik: MIT (Massachusetts Institute of Technology), yang telah berpengalaman selama puluhan tahun dalam membangun ekosistem inovasi di puluhan negara,” jelas Marina.

Ditempat yang sama, CEO Paragon Corp Salman Subakat menambahkan, pengalaman MIT tersebut harus dapat disesuaikan dengan konteks Indonesia. 

“Karena berdasarkan pengalaman Paragon dalam membangun ekosistem di Indonesia, ada banyak sekali halangan yang harus diatasi, dan juga spesifiknya kasusnya di Indonesia,” tuturnya.

Lantas, framework seperti apa yang ditawarkan MIT untuk megatasi masalah-masalah tersebut?  Dosen MIT Sloan  Shari Loessberg, yang menjadi tamu utama di acara ini, memaparkan hal-hal paling untuk membangun sebuah ekosistem inovasi di sebuah negara. Yang terutama adalah adanya kerjasama antara pemangku kepentingan di sebuah negara. 

“Tetapi juga keterlibatan swasta yang kuat dalam menjadi perintis pembangunan ekosistem inovasi,” imbuhnya.

Selain diskusi, para pembicara mengungkapkan sebuah rencana untuk kerjasama lebih lanjut antara MIT dengan aktor2 di Indonesia melalui program MIT REAP selama dua tahun. Dalam dua tahun ini, para peserta diajak untuk berkolaborasi bersama membangun ekosistem inovasi di Indonesia.