UMB Lakukan Transformasi Digital dan Sosialisasi Internet Sehat Bagi Masyarakat

ANP • Wednesday, 14 Jun 2023 - 18:04 WIB

JAKARTA - Transformasi digital memiliki banyak manfaat bagi masyarakat salah satunya membukakan pintu bagi masyarakat untuk mengakses informasi dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu, implementasi transformasi digital dalam masyarakat memudahkan proses pelayanan publik yang lebih baik dan mengurangi birokrasi, mempercepat proses, dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat. 

Proses transformasi digital pada kehidupan masyarakat harus didukung dengan kondisi masyarakat yang sadar akan pemanfaatan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan produktivitas dan taraf hidup sosial ekonomi masyarakat. Transformasi digital membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai sektor. Automatisasi proses bisnis dan penggunaan teknologi cerdas membantu mengurangi kesalahan manusia, meningkatkan akurasi, dan menghemat waktu. Ini berdampak positif pada sektor industri, perdagangan, layanan, dan lainnya, serta membantu masyarakat menciptakan lebih banyak nilai tambah.

Guna mendorong masyarakat dapat mengimplementasikan transformasi digital dan pemanfaatan internet sehat dalam kehidupan sehari-hari maka tim dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana (Fasilkom UMB) dari Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi telah menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat Pada Kamis, 16 Maret 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk untuk memberikan pelatihan kepada para Kader PKK dan Masyarakat di Kelurahan Meruya Utara perihal pendayagunaan IPTEK untuk tetap dapat produktif bekerja dalam upaya pemulihan sektor ekonomi, pendidikan dan kesehatan pada masyarakat setelah masa pandemik Covid-19 berlalu ujar Ketua Tim Kegiatan Pengabdian Masyarakat Fasilkom UMB, Riri Fajriah, S,Kom, MM.
 


Sharing knowledge tersebut dihelat dalam bentuk pelatihan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang diikuti para kader Tim PKK dan masyarakat Kelurahan Meruya Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Menurut Riri, kegiatan yang berlangsung pada 16 Maret 2023 itu bertujuan agar para kader penggerak PKK dan perwakilan masyarakat ini dapat meneruskan sosialisasi kepada kelompok-kelompok keluarga di tingkatan RT/RW untuk mengupayakan penggunaan IPTEK setelah masa pandemi COVID-19 berlalu khususnya dalam upaya pemulihan sektor ekonomi, pendidikan dan kesehatan masyarakat.

"Transformasi digital membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai sektor serta menciptakan peluang baru bagi inovasi dan pertumbuhan ekonomi yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Keterpurukan masyarakat selama masa Pandemik COVID-19, sebaiknya kini disiasati dengan pemanfaatan IPTEK dengan hadirnya beberapa platform aplikasi yang sangat membantu dalam memudahkan masyarakat melakukan kegiatan sehari-hari dan membentuk lingkungan pemanfaatan internet sehat di masyarakat” ungkap Riri.

Ada sejumlah materi yang disampaikan pada kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut. Menurut Riri, topik yang disampaikan antara lain, terkait dengan Sosialisasi Penggunaan Web Canva untuk distribusi informasi digital dan pembuatan label usaha, Sosialisasi Pemanfaatan Model Design Multimedia Adobe Express Mobile, Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Google Families, Sosialisasi  Internet Bijak Untuk Parental Control Pada Anak, dan Sosialisasi Pemanfaatan Screen Time Management untuk kesehatan saat menggunakan gadget.

"Manfaat dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penggunaan beberapa aplikasi berbasis teknologi secara tepat dalam kehidupan masyarakat sehari-hari," kata Riri. Kegiatan ini melibatkan sejumlah dosen Prodi Sistem Informasi Fasilkom UMB antara lain Riri Fajriah, Inna Sabily, Mohamad Yusuf, Andi Nugroho, Ifan Prihandi, dan Prastika Indriyanti.

Menurut Riri, kegiatan Pengmas ini melibatkan keikutsertaan mahasiswa sebagai fasilitator acara dan juga peserta. Tujuannya, agar para mahasiswa juga dapat mengaplikasikan pemanfaatan IPTEK yang optimal serta turut serta dalam pengabdian kepada masyarakat langsung terkait dengan keilmuan komputer yang telah mereka pelajari selama perkuliahan. 
 

"Harapannya kegiatan-kegiatan semacam ini akan terus dapat dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman, keterampilan, serta edukasi yang tepat di masyarakat perihal optimalisasi IPTEK agar proses transformasi digital di masyarakat dapat berjalan dengan optimal”. Ujar Pak Agus Setiawan selaku Kepala Seksi Kesra dari Pihak Kelurahan Meruya Utara.