Terinspirasi Masyarakat Jepang, Sido Muncul Ajak Rajin Konsumsi Kunyit

LAN • Tuesday, 13 Jun 2023 - 14:17 WIB

JAKARTA – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk semakin gencar melakukan berbagai inovasi produk, setelah sebelumnya sukses meluncurkan produk minuman herbal Ready To Drink, kini bersiap memperkenalkan produk terbarunya Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus.

Produk Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus ini segera diperkenalkan kepada seluruh masyarakat Indonesia melalui tayangan iklan khusus.

Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus merupakan suplemen herbal dengan ekstrak tunggal kunyit yang berkualitas dan mengandung 100 mg curcuminoid dan piperine terstandar di setiap kapsul lunaknya. Kandungan tersebut dapat meringankan gangguan lambung sehingga kesehatan tubuh semakin optimal.

Sebagai upaya untuk menyebarkan informasi terkait pentingnya dan manfaat konsumsi kunyit dan produk Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus, perusahaan menggandeng aktor, model, sekaligus presenter ternama, Darius Sinathrya. 

Tak hanya itu, hadir pula seorang aktor asal Jepang, Susumu Kawase sebagai pendamping Darius.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan kehadiran Sari Kunyit dan Sari Kunyit Plus ini merupakan hasil dari inspirasi yang didapat ketika berkunjung ke Jepang 30 tahun lalu.

Irwan melihat masyarakat Jepang ternyata memiliki kebiasaan minum kunyit, terutama mereka yang sering minum-minum alkohol di malam hari.

“Saya heran, kenapa orang Jepang itu makan kari. Segala kari. Ternyata kari itu kunyit. Itu karena orang Jepang itu peminum dan perokok. Karena itu, orang Jepang selalu berpikir, malam habis minum paginya pusing. Kenapa? Karena asam lambung tinggi, dan akibatnya pengentalan darah, sehingga supply darah ke saraf keseimbangan itu terhambat. Makanya orang migrain atau lebih berat vertigo. Maka itu, salah satu adalah minum kunyit,” ujar Irwan.

Kunyit memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dengan berbagai kandungan di dalamnya. Senyawa yang terkandung dalam kunyit (kurkumin dan minyak atsiri) mempunyai peranan penting sebagai antioksidan, antitumor, antikanker, antimikroba, dan antiracun.

Dengan berbagai kandungan tersebut, kunyit pun mampu menjaga kesehatan lampung, meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati radang, mengatasi perut yang kembung, hingga memperbaiki fungsi liver. Untuk itu, guna menyebarluaskan manfaat kunyit kepada masyarakat Indonesia, Sido Muncul sangatlah tepat meluncurkan iklan produk anyarnya itu.

Irwan menuturkan, alasan iklan Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus menggandeng Susumu karena dia merupakan sosok asli Jepang yang merepresentasikan seseorang mengonsumsi ukon atau kunyit secara rutin.

Irwan pun menambahkan, salah satu akibat dari asam lambung tinggi adalah pengentalan darah. Hal itu, lanjutnya, akan memengaruhi peredaran darah ke saraf otak menjadi terhambat yang bisa berdampak pada migrain hingga vertigo.

“Maka itu, salah satu obatnya orang Jepang adalah minum kunyit. Bahkan kunyit juga mampu memperbaiki fungsi liver, sangat bagus untuk liver, dan liver itu obatnya hanya kunyit dan temulawak. Itulah mengapa kita mengiklankan kunyit dengan bintang iklannya asli orang Jepang, Susumu,” tutur Irwan.

Irwan yang sudah mengonsumsi kunyit selama 15 tahun tersebut juga menuturkan, iklan yang dibuat Sido Muncul merupakan niat baik untuk menunjukkan bahwa merokok dapat memperberat metabolisme, terutama lambung dan liver.

“Saya ingin memberikan sumbangan pengetahuan yang saya miliki supaya semua orang sehat, dan pengetahuan tersebut akan disampaikan pada iklan ini yang bercerita tentang tradisi minum kunyit di Jepang,” ujar Irwan.

Irwan berharap agar masyarakat bisa lebih kenal dan sadar bahwa kunyit adalah tumbuhan rimpang yang tumbuh subur di Indonesia. Kunyit pun punya banyak khasiat.

Hal ini dibenarkan oleh Susumu yang menuturkan, di Jepang banyak minuman berenergi yang dibuat dari ukon alias kunyit. Masyarakat di negeri Sakura itu rutin mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan lambung dan daya tahan tubuh.

“Kalau di Jepang banyak yang suka minum (alkohol). Waktu minum pasti besoknya kepalanya pusing. Jadi, antipusing buat besoknya. Kalau di Jepang khusus buat dewasa (kunyit setelah minum alkohol),” tutur Susumu.

Sebagai bintang utama dalam iklan, Darius juga mengaku merasa senang bisa kembali ke set studio untuk Sido Muncul Natural, khususnya Sari Kunyit Plus. Ini merupakan kali kedua baginya bisa jadi bagian dari Sido Muncul. (APb)