Jemaah Indonesia Gelombang Kedua Mulai Masuki Bandara Jeddah

MUS • Thursday, 8 Jun 2023 - 14:50 WIB

Jeddah - Pemberangkatan jemaah haji 2023 memasuki gelombang kedua, ditandai dengan kedatangan kloter 42 Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG-42) yang mendarat Kamis (8/6) dini hari pukul 04.05 Waktu Arab Saudi (WAS). 

Berselang lima menit kemudian giliran kloter 46 Embarkasi Solo-Yogyakarta (SOC-46) tiba di Bandara Jeddah melalui Terminal D.

Direktur Bina Haji Kemenag Arsad Hidayat, Kepala Kantor Urusan Haji Arab Saudi Nasrullah Jassam, dan Kadaker Bandara Haryanto, menyambut kedatangan jemaah kloter JKG-42 yang keluar melalui terminal Fast Track. 

"Alhamdulillah hari ini berjalan lancar. Jemaah haji juga sudah menggunakan kain ihram saat turun pesawat. Ini kami harapkan bisa ditiru kloter lainnya," kata Arsad.

BACA JUGA: Resmi! Pelunasan Bipih Kuota Tambahan Dibuka 8-12 Juni 2023

BACA JUGA: Aksi Petugas Melayani Para Jemaah Haji Lansia

Arsad menyebut lancarnya kedatangan jemaah gelombang kedua tak lepas dari kerja sama pihak bandara, panitia haji dan keluarga yang kebetulan mendampingi jemaah lansia. 

"Saya tidak mendengar ada kendala mulai embarkasi sampai pendaratan. Harapan kami apa yang terlihat sekarang bisa berlanjut," tambahnya.

Para jemaah haji gelombang dua ini telah mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi di Tanah Air. Mereka juga telah berniat ihram di pesawat saat berada di atas wilayah Yalamlam.

Hal ini dilakukan sesuai imbauan Kemenag. Tujuannya agar jemaah haji tidak perlu waktu lama mengantre dan memakai ihram di Bandara Jeddah. Sebab lalu lintas kedatangan jemaah haji di Bandara Jeddah sudah mulai padat oleh jemaah Indonesia maupun dari negara lainnya.

"Seluruh negara nanti akan mempergunakan Bandara King Abdul Aziz Jeddah ini. Nanti akan lebih cepat ketika menggunakan ihram dari tanah air. Saya kira ini membantu kelancaran untuk diberangkatkan," pungkas Arsad.

​​​​​​