Afitya Putri, Influencer maupun selebgram dengan Konten Edukasi

ANP • Tuesday, 6 Jun 2023 - 16:59 WIB

JAKARTA - Nama lengkapnya Afitya Sesio Putri Basuki . Wanita kelahiran Balikpapan, 01 Februari 1999 ini dikenal dengan nama panggung @afityaputri. Di usianya yang masih muda, kariernya sebagai influencer cukuplah moncer.

Dikisahkannya, ia awalnya merupakan seorang atlet softball yang sering mengikuti kompetisi di tingkat Asia. Di samping itu, dirinya gemar membuat konten-konten seputar kecantikan di akun media sosial Instagram. 

Namun waktu itu aktivitasnya di sosial media terhalang restu orangtuanya. Seiring waktu, terlebih di saat pandemi pada waktu lalu, ia mencoba melakukan aktivitas positif yang juga menjadi potensi terpendamnya. 

"Jadi, dari dulu saya sangat tertarik belajar psikologi. Nah, lalu saya coba menuangkan konten-konten edukasi terkait psikologi yang diposting di TikTok," ucapnya.

Dia bercerita, awalnya ia membuat konten di TikTok terkait tentang dirinya yang kerap dibullying oleh teman dan sahabatnya sendiri. Lalu sampai akhirnya ia memberi edukasi tentang mental healty, self development dan parenting. "Ternyata konten yang diberikan sangat berdampak positif dan membantu banyak anak yang mengalami hal serupa," ucapnya.

Banyak orang yang kemudian mendapatkan pencerahan setelah melihat konten afityaputri. “Ya, banyak banget teman teman online yang curhat ke DM, tiap hari bisa ratusan orang yang nge-DM saya dan curhat masalah hidupnya. Dari situ saya sadar bahwa sosial media ini bisa jadi wadah untuk mereka curhat,” tuturnya.

Saat ini, melalui akun sosmednya  @afityaputri, dirinya sedang berusaha untuk terus mencoba membantu dan membuat konten edukasi tentang pentingnya mencintai diri sendiri dan pembelajaraan tentang parenting. “Awalnya memang dari diri sendiri dan lingkungan rumah yang akhirnya menyadarkan saya bahwa belajar tentang diri sendiri dan parenting sangat penting. Pasti kalian gak mau kan jadi orang tua yang buruk ataupun menyakiti hati anak kalian kedepannya."

Saking banyaknya konten TikTok-nya yang mengajarkan hal hal positif, sekarang afityaputri lagi proses pembuatan buku-buku tentang edukasi dan kata-katanya untuk dijadikan sebuah tulisan.

Sementara di IG, Afitya lebih menunjukkan sisi yang berbeda. Di medsos tersebut, afityaputri lebih cenderung memperlihatkan kehidupan pribadinya (lifestyle dan liburan). Ia sangat senang berlibur dan mengeksplor, dari postingannya sangat terlihat dia sering jalan6 di dalam negeri maupun luar negeri.

Ke depan, ia akan konsisten untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Wanita yang hobi olahraga  renang dan basket ini ternyata juga sangat suka membantu hewan terlantar dan mensupport lembaga-lembaga terkait itu. "Saya punya keinginan untuk memiliki penampungan hewan peliharaan sendiri yang bisa diadopsi," pungkasnya.