Persiapan Musim Haji, Saudi Tutup Izin Visa Umrah Per 4 Juni

MUS • Sunday, 4 Jun 2023 - 21:41 WIB

Madinah - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan, hari ini 4 Juni 2023 atau 15 Dzulqa’dah 1444 Hijriah adalah batas akhir penerbitan izin umrah sebelum musim haji tiba.

Pengumuman ini disebar salah satunya lewat akun Twitter resmi Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi @MoHU_En.

Direktur Bina Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Arsyad Hidayat mengatakan kebijakan ini berlaku bagi jamaah dengan visa umrah, bukan visa haji.

BACA JUGA: Jemaah Indonesia Meninggal di Tanah Suci Jadi 11 Orang, 93 Dirawat

BACA JUGA: Kasus Paspor Hilang, KJRI Bantu Terbitkan SPLP Bagi Jemaah

"Disampaikan bahwa tanggal 4 Juni ini adalah batas akhir penerbitan visa bagi jamaah umrah dan tanggal 18 Juni adalah batas terakhir jamaah umrah meninggalkan Arab Saudi menuju tanah airnya masing-masing,” kata Arsyad.

Ia mengingatkan, proses kepulangan jamaah umrah akan berakibat pada makin padatnya lalu lintas jamaah di bandara. Sebab, di samping kumpulan jamaah umrah yang akan pulang, ada pula jamaah haji yang baru tiba di tanah suci.

Arsad mengimbau jamaah umrah untuk segera menyiapkan kepulangan. “Mereka harus patuh terhadap aturan bahwa 18 Juni atau 29 Dzulqa’dah mereka sudah harus keluar meninggalkan Arab Saudi, pulang ke negaranya atau wilayahnya masing-masing,” tukas Arsad.