Datang ke Saudi, Menko PMK Sampaikan Pesan Jokowi Untuk Jemaah Indonesia

MUS • Saturday, 3 Jun 2023 - 16:33 WIB

Madinah - Presiden Joko Widodo memantau pelaksanaan haji 2023 dari tanah air. Presiden menitipkan pesan khusus untuk jemaah, melalui Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, yang datang ke Kantor Urusan Haji Indonesia di Madinah. 

"Pokoknya ibadah yang baik. Manfaatkan kesempatan yang langka ini, karena tidak semua umat Islam di Indonesia mendapatkan kesempatan (berhaji). Bukan hanya masalah finansial, tapi juga kesempatan yang semakin sulit karena keterbatasan kuota," kata Menko Muhadjir kepada tim Media Center Haji di Madinah, Sabtu (3/6). 

Jokowi juga mewanti-wanti petugas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) agar bekerja profesional melayani para tamu Allah. 

BACA JUGA: Jemaah Sukarela Dampingi Lansia, Menko PMK: Saya Usul Diberi Insentif

BACA JUGA: Setelah Ambil Miqat di Biar Ali, Jamaah Haji Indonesia Mulai Masuk Mekkah

"Untuk jemaah haji lansia, jaga kesehatan. Petugas haji tunjukkan profesionalisme dalam memberikan pelayanan kepada jemaah lansia," ucap Muhadjir. 

Para petugas, lanjutnya, harus meluruskan niat ke tanah suci untuk misi mulia sebagai pelayan jemaah. "Jangan salah niat. Tugasnya untuk menjadi pelayan haji, bila perlu tidak usah haji tidak apa-apa karena pahalanya sama dengan yang haji," pungkasnya. (Mus)