Tinjau Fasilitas Jemaah di Madinah, Menko PMK Optimis Indeks Kepuasan Tahun Ini Meningkat

MUS • Friday, 2 Jun 2023 - 21:15 WIB
Foto: MCH

Madinah - Menko Pembangunan Kemanusiaan (PMK), Muhadjir Effendy meninjau fasilitas jemaah haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi, Jumat (2/6/2023). 

"Saya ke sini untuk melakukan KSP,  Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian lapangan, apakah yang disiapkan sudah sesuai," Muhadjir di Makkah, Jumat (2/6/2023). 

Muhadjir datang ke Hotel Yaqup Al-Qugandi di sektor 3, dengan disambut Dubes RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji dan (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid. 

BACA JUGA: Sambut Jemaah Haji di Makkah, Begini Persiapan PPIH

Berdasarkan penjelasan para jemaah, kata Muhadjir, kondisi dan pelayanan di hotel cukup bagus. 

"Itu saya kira cukup nyaman, tempat tidurnya juga punya standar, saya kira nyaman untuk dijadikan tempat istirahat," sebutnya.

Muhadjir meminta petugas haji memberikan layanan semaksimal mungkin agar jemaah bisa menjalani ibadah dengan khusyuk dan menjadi haji mabrur.

BACA JUGA: Ambil Miqat di Bir Ali, Hari Pertama Pergeseran Jemaah ke Mekkah Lancar

Ia juga memuji tenaga medis yang proaktif memantau kondisi kesehatan jemaah. 

"Di Madinah tiap hari para petugas medis tidak menunggu, tapi mendatangi masing-masing kamar untuk menanyakan kondisi kesehatan jemaah dan membagi-bagi vitamin, itu sangat bagus. Apalagi sekarang ini banyak sekali jamaah yang lanjut usia," ujar dia. 

Sedangkan untuk makanan, dinilai sudah sesuai standar Indonesia. "Saya kira cukup. Ada nasi, kemudian ada ikan, ayam, dan kalau siang ada sayur, buah," katanya. 

Melihat semua layanan yang diberikan, Menko Muhadjir menilai indeks kepuasan jemaah pada musim haji tahun ini, akan lebih tinggi dari tahun lalu. 

"Insya Allah, feeling saya akan lebih bagus dari tahun lalu," pungkasnya.