Lima Hari Kedatangan Jemaah, ini Kejadian Menonjol di Bandara Madinah

MUS • Monday, 29 May 2023 - 04:12 WIB
MCH

Madinah - Hingga hari kelima masa operasional haji, Minggu (28/5), Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) mencatat sejumlah kejadian menonjol. 

Kepala Daerah Kerja Bandara di Arab Saudi, Haryanto mengatakan, selain jemaah sakit, ada pula yang kehilangan paspor setiba di bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz (MBAA), Madinah

"Ada satu yang kehilangan paspor. Kita lakukan langkah cepat berkordinasi dengan KJRI untuk membuat SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor)," kata Haryanto.

 BACA JUGA: Bertambah, Jemaah Indonesia yang Wafat Menjadi 4 Orang

Bahkan terdapat jemaah yang salah visa, hingga sempat tertahan di imigrasi MBAA. 

"Kemudian ada jemaah haji kloter 13 SOC yang mestinya menggunakan visa haji, tapi yang keluar visa umroh. Sehingga jemaah haji itu ditahan imigrasi. Tapi bisa kita selesaikan setelah berkordinasi dengan stake holder di Saudi maupun Indonesia," sambung Haryanto

Jemaah Wafat

Pada kesempatan yang sama, Suharyanto mengonfirmasi empat jemaah Indonesia meninggal dunia di Madinah. 

"Sampai hari ini, Minggu malam sudah ada empat jemaah yang wafat di Arab Saudi. Mekanismenya, setelah keluar Certificate of Death dari RS kemudian dilakukan pemakaman sesuai prosedur yang ada di Saudi," tutur dia. 

BACA JUGA: Tak Perlu Jalan, Layanan Golf Car Bantu Jamaah Haji Lansia Menuju Bus Penjemputan

Keempat jemaah yang wafat, yakni:

- Suprapto Tarlim Kertowijoyo, asal Kabupaten Demak kloter tiga Embarkasi Solo (SOC 03), meninggal Kamis (25/5/2023) pukul 04.00 WAS di Hotel Abraj Taba, Madinah.

- Achmad Suhadak, kloter 9 Embarkasi Surabaya (SUB-09) meninggal dunia tidak lama setelah mendarat di Bandara Madinah, Sabtu (27/5/2023) pagi waktu Arab Saudi (WAS).

- Lengen Dalem Dussalam, dari kloter 1 Embarkasi Surabaya (SUB-01), meninggal hari Sabtu (27/5) pukul 23.30 WAS. 

- Ibnu Sahid Dasjil,  dari kloter 2 Embarkasi Surabaya (SUB-02), wafat pada Minggu (28/5) pukul 19.30.

Haryanto mengingatkan, suhu di Madinah saat ini mencapai 39-41 derajat celcius. "Jemaah haji Indonesia setelah tiba di Saudi jangan lupa membawa air minum, jangan sampai dehidrasi," katanya mengingatkan. (Mus)