Kementerian Haji Arab Saudi Berikan 2 Keistimewaan untuk Jamaah Indonesia

FAZ • Tuesday, 23 May 2023 - 06:46 WIB

MADINAH - Wakil Menteri Haji dan Umrah Bidang Ziarah Arab Saudi Muhammad Abdurrahman Al Bijawi menyatakan kesiapan negaranya menerima jamaah haji asal Indonesia. Arab Saudi pun siap memanjakan jamaah haji Indoneaia dengan beberapa kemudahan yang diberikan.

Untuk diketahui, jamaah haji Indonesia akan mendarat di Madinah mulai tanggal 24 Mei 2023 atau 5  Zulqai'dah 1444 H.

Fasilitas yang dijanjikan misalnya, dengan penerapan fast track atau jalur cepat keimigrasian bandara untuk jamaah haji Tanah Air. Tiga bulan lalu perwakilan Kementerian Haji dan Umrah berkunjung ke Jakarta untuk melihat persiapan Bandara Soekarno Hatta untuk menerapkan fast track.

Dengan fast track, waktu pemrosesan oleh imigrasi Arab Saudi dapat dipangkas. Bila pada layanan yang standar, proses imigrasi memakan waktu 2-2,5, dengan jalur cepat pemrosesan di bandara Arab Saudi hanya sekitar 30 menit.

"Kami sangat berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada jemaah haji dan itu merupakan perintah langsung dari Raja Salman agar jemaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan tenang, dengan khusyuk, dan kembali ke Tanah Airnya mendapatkan haji mabrur," ujar Abdurrahman saat memberikan pernyataan pers seusai menerima kunjungan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid, di kantornya, di Madinah, Senin (22/5/2023).

Fasilitas khusus lain, menurut Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah PPIH Arab Saudi Zainul Muttaqin yang mendampingi Ketua PPIH dalam pertemuan dengan Abdurrahman mengatakan mereka juga membahas tasreh atau izin memasuki Raudhah di Masjid Nabawi bagi jemaah haji Indonesia.

"Tadi dibahas juga soal tasreh ziarah, khususnya ke Raudhah. Jemaah kita akan diberikan tasreh untuk masuk ke Raudhah," ungkap Zainul.

Dengan tasreh tersebut, menurut Zainul, jemaah tidak perlu mendaftar untuk mendapatkan reservasi di aplikasi Nusuk  Meski begitu, jemaah juga tetap bisa memilih memakai aplikasi tersebut.

Raudhah merupakan suatu tempat di dalam Masjid Nabawi, Madinah, yang dahulu berada di antara kediaman Rasulullah SAW dengan mimbar tempat beliau berdakwah. Tempat tersebut disebut sebagai taman surga dan merupakan salah satu tempat mustajab untuk memanjatkan doa.