Pengamat: Ganjar-Moeldoko Kombinasi Sipil dan Militer Paling Diinginkan Masyarakat

FAZ • Friday, 19 May 2023 - 03:46 WIB

Jakarta - Direktur Rumah Politik, Fernando EMas menilai Pilpres 2024 menjadi penentu langkah Indonesia ke depan sebagai negara maju.

Untuk itu, diperlukan calon prsiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) agar bisa saling melengkapi sebagai pemimpin Indonesia dengan kombinasi dari latar belakang sipil dan militer.

“Misalnya presiden yang akan datang dari kalangan sipil dan wakil presiden memiliki latar belakang militer. Sesuai dengan beberapa hasil lembaga survei yang menempatkan sipil dengan pengalaman kepala daerah dan dengan latar belakang militer paling diinginkan masyarakat,” ujarnya Fernando dalam keterangannya kepada media, Rabu (17/5/2023).

Fernando menyatakan kalau melihat beberapa nama yang muncul sebagai capres dan cawapres serta nama yang direkomendasikan pada puncak acara Musra serta yang dapat mememuhi kebutuhan Indonesia kedepan Ganjar Pranowo.

“Sesuai dengan keinginan masyarakat berdasarkan hasil survei dan kriteria yang dismapaikan oleh Jokowi pemimpin yang dekat dengan masyarakat. Dari beberapa nama kandidat capres, Ganjar Pranowo sosok yang dianggap dekat dengan masyarakat,” kata Fernando.

Sebagai pendamping Ganjar Pranowo, yaitu sosok dari latar belakang militer yang dibutuhkan untuk mendampingi Ganjar Pranowo, dari tiga nama yang direkomendasikan oleh Musra, hanya Moeldoko yang memiliki latar belakang militer.

“Tidak hanya sekedar memiliki latar belakang militer, Moeldoko juga menduduki jabatan tertinggi di TNI yaitu sebagai Panglima. Seandainya Ganjar Pranowo berpasangan dengan Moeldoko pada pilpres 2024, akan sesuai dengan kebutuhan Indonesia dalam menghadapi tantangan kedepan. Pasangan tersebut juga akan berpotensi memenangkan pilpres karena kombinasi sesuai harapan masyarakat. Selain itu, Jokowi juga akan mengakhiri kepemimpinannya dengan senang hati karena pemimpin hasil pilpres 2024 sesuai dengan harapannya,” tuturnya.

“Kalau melihat kriteria yang disampaikan oleh Jokowi pada puncak acara Musra, saya memaknai bahwa ada harapan Jokowi pemimpin kedepan pasangan capres dan cawapres yang memiliki latar belakang sipil dan militer,” tambahnya.

Kata Fernando, Jokowi sebagai seorang presiden sangat menyadari kebutuhan dan tantangan kedepan, baik dari dalam dan luar negeri.

“Tantangan dari dalam dan luar negeri berkaitan dengan keamanan dan pertahanan tentunya membutuhkan pemimpin yang sangat memahami dan mengerti. Saya meyakini pemimpin yang memiliki latar belakang militer tentu akan sangat mengerti, memahami untuk menghadapi dan menyelesaikan persoalan keamanan serta pertahanan,” pungkasnya.