Penantian Juara 32 Tahun, PSTI Apresiasi Perjuangan Pemain Timnas U22

FAZ • Wednesday, 17 May 2023 - 13:56 WIB

Jakarta - Kemenangan Timnas Indonesia atas Thailand pada laga Final Sea Games 2023 mendapat apresiasi tinggi dari Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI). Ketua umum PSTI, Ignatius Indro menilai timnas Indonesia menunjukan mental dan perjuangan luar biasa hingga bisa merebut emas yang terakhir didapat tahun 1991.

"PSTI bersyukur dan mengucapkan selamat kepada para pemain dan official yang telah berjuang luar biasa hingga berhasil mendapatkan emas di Sea Games 2023 Kamboja, terlebih kita telah menunggu hal ini selama 32 tahun lamanya," Ujar Indro.

Indro menambahkan pertandingan semifinal dan final menunjukan mental pemenang yang ditunjukan oleh para pemain dalam menghadapi laga sulit melawan Vietnam dan Thailand.

"Dilihat dari permainan dan juga mentalitas para pemain juga menunjukan perkembangan yang membanggakan dan itu jelas terlihat di 2 pertandingan baik semifinal dan final. Di semifinal kita lihat meskipun bisa disamakan skor oleh Vietnam dan kita terkena kartu merah, konsentrasi dan mental kita terjaga dan berhasil mencetak gol kemenangan.
Demikian  juga saat Final, meskipun skor disamakan di menit akhir dan terjadi provokasi yang berujung adanya keributan namun kita tetap bisa menjaga mental dan emosi para pemain kita sehingga tetap fokus pada pertandingan sehingga kita bisa kembali unggul di babak perpanjangan waktu bahkan menang dengan skor besar," tambah Indro.

Sementara itu Sekretaris Jenderal PSTI, Abe Tanditasik memberikan apresiasi tinggi kepada pelatih timnas Indonesia Indra Sjafrie yang berhasil meracik tim sehingga memiliki kedalaman skuad dan mental yang baik.

"Di sini saya mengapresiasi Coach Indra Sjafrie telah berhasil, mulai dari pemilihan pemain yang baik sehingga timnas memiliki kedalaman squad hingga membuat pemain tetap tenang dan tidak mudah panik sehingga bisa menjadi juara," Ujar Abe.
Abe juga menambahkan kemenangan ini harus menjadi motivasi bagi seluruh timnas di semua tingkat usia dan perbaikan sepak bola Indonesia secara keseluruhan.

"Tentu kemenangan ini harus menjadi motivasi bagi timnas Indonesia disemua tingkat usia untuk juga dapat bermain baik di semua pertandingan. Mental bertanding yang baik juga harus ditularkan. Apalagi masih adanya turnamen penting di depan mata seperti Piala Asia.dan kita harap kedepan kita mampu menembus Piala Dunia di semua tingkatan umur," tambah Abe.

"PSSI harus bisa memperbaiki sepak bola kita di semua lini, mulai dari perbaikan kompetisi, pengadaan kompetisi usia dini, penggunaan sport science, dan yang terpenting juga tidak menjadikan suporter menjadi obyek dengan adanya jaminan keamanan dan kenyamanan suporter dalam menyaksikan pertandingan dan tentunya edukasi suporter hingga ke akar rumput agar sepak bola Indonesia benar-benar maju di semua lini," tutupnya.