Review Garmin Venu SQ 2: Jam Tangan Pintar dengan Layar Besar

MUS • Thursday, 11 May 2023 - 17:19 WIB

Gaya hidup sehat selama beberapa tahun terakhir semakin digandrungi masyarakat. Melakukan kegiatan olah tubuh atau olahraga menjadi semakin sering dilakukan, mulai dari intensitas rendah seperti berjalan pelan di atas treadmill, aerobic, dan yoga, hingga olahraga dengan intensitas sedang dan tinggi mulai dari jogging hingga tenis. 

Namun seolah tidak cukup hanya berolahraga, kini dibutuhkan juga perekam berbagai aktivitas tersebut dengan menggunakan jam tangan pintar atau smartwatch, sehingga bisa mengetahui apakah tubuh cukup “tangguh” untuk berolahraga. 

Hal ini menjadi penting, dan pengguna jam tangan pintar bisa secara cermat mengetahui apakah intensitas olahraga yang dibutuhkan sudah sesuai dengan keadaan tubuh.

Memberikan solusi atas kebutuhan tersebut, Garmin menghadirkan perangkat Venu SQ 2, yang merupakan salah satu unit jam tangan termurah dari Garmin yang sudah dilengkapi dengan sensor GPS. Meski demikian, sejumlah fitur eksklusif sudah dihadirkan pada jam tangan yang dibanderol mulai dari harga 3 jutaan saja. 

Hadir dengan pilihan warna lebih menarik dibanding seri sebelumnya, Garmin SQ 2 juga menawarkan peningkatan fitur dan beberapa perubahan secara fisik. Beberapa peningkatan tersebut diantaranya ukuran layar lebih besar yakni 35.9mm, serta resolusi layar yang juga lebih besar yakni 360x320 pixel. 

Selain itu ketahanan masa pakai baterai Garmin Venu SQ 2 mencapai 11 hari apabila digunakan dalam mode jam tangan pintar, dan seri teranyar ini juga menyediakan lebih dari 25 aplikasi olahraga bawaan termasuk notifikasi pintar.

Desain Garmin Venu SQ 2

Mengusung desain mengotak sesuai dengan code name SQ yang disematkan, tidak lagi ada grafir bertuliskan Garmin pada bezel jam tangan ini. Meski hanya hadir dalam 1 ukuran, material polimer yang dikombinasikan dengan bezel aluminium, masih cocok untuk dipakai pada acara kasual atau semi-kasual, dan tentu saja berolahraga. 

Strap juga dengan mudah bisa diganti, sehingga pengguna bisa menyesuaikan warna strap yang diinginkan untuk momen-momen tertentu. Strap pengganti sendiri banyak ditemukan pada e-commerce, dengan ukuran dan motif bervariasi. Kemudahan tidak harus menggunakan strap jenis tertentu, membuat pengguna lebih fleksibel memilih strap yang juga disesuaikan dengan budget masing-masing.

Menggunakan seri Venu SQ 2 untuk pertama kalinya, akan terasa langsung perbedaan dengan seri terdahulu. Terasa sedikit lebih ringan, mengingat bobot Venu SQ 2 ini kurang dari 40 gram. Memberikan kesan sleek dengan ukuran layar lebih besar, membuat tampilan pesan yang masuk yang terlihat pada jam tangan pintar ini lebih banyak. 

Tidak hanya itu kejutan yang diberikan, pilihan watch face yang ditawarkan juga lebih banyak. Lagi-lagi ini peningkatan yang cukup signifikan dari seri pertama jam ini. Dibandingkan dengan banderol harga yang ditawarkan hanya Rp3,399,000 untuk seri non-music, sejumlah peningkatan tersebut, termasuk juga panel AMOLED, membuat Garmin Venu SQ 2 menjadi worth to buy. Sementara itu untuk Garmin Venu SQ 2 music edition, bisa dibawa pulang dengan banderol harga Rp4,299,000.

Sistem Operasi dan Fitur Unggulan

Didukung dengan panel AMOLED sebagai peningkatan yang cukup tinggi dari seri sebelumnya-hanya dibenamkan dengan panel LCD, jam tangan Garmin menghadirkan kemudahan untuk penggunanya. Jam tangan entry-level Garmin ini memang tidak akan mengungguli seri flagship jam tangan pintar lainnya.

Namun, lagi-lagi kemudahan yang dihadirkan dan pengguna bisa mengakses hampir seluruh fitur dari layar sentuhnya memberikan nilai plus. Pengalaman berinteraksi, meski baru pertama kali menggunakan jam tangan pintar akan terasa menyenangkan, bahkan pengoperasian menu hingga scrolling widget juga bisa dilakukan dengan mudah.

Setiap pengguna jam tangan pintar dari Garmin pasti akan setuju, kalau salah satu fitur yang paling dikagumi adalah pencatatan body battery dan ringkasan informasi mulai dari tingkat stress, detak jantung, perekaman berapa lama aktivitas tubuh dalam satu hari, serta fitur pencatatan siklus menstruasi yang ditujukan untuk perempuan. 

Hal ini melengkapi slogan dear body milik Garmin, dan pengguna bisa lebih mengerti tubuh mereka saat beraktivitas atau dalam diam. Sudah dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3, dan tersertifikasi 5 ATM, jam tangan ini diklaim mampu bertahan untuk digunakan di bawah kedalaman air 50 meter. 

Dengan semua keunggulan yang dimiliki, rasanya pantas jam tangan ini menjadi pilihan pertama untuk mereka yang baru mulai berolahraga rutin dan mengenal sinyal-sinyal tubuhnya saat beraktivitas. 

Warna yang disediakan juga cukup banyak, yakni mulai dari Shadow Gray/Slate, White/Cream Gold, Black/Slate, Ivory/Peach Gold, French Gray/Cream Gold, Cool Mint/Metallic Mint, sehingga calon pengguna tidak akan kesulitan menjatuhkan pilihannya.