Terra Drone Indonesia Berikan Pelatihan Drone Bersertifikasi

ITK • Monday, 8 May 2023 - 12:01 WIB

Jakarta - Terra Drone Indonesia, perusahaan pemanfaatan jasa dan teknologi drone, telah ditunjuk oleh Direktorat Kelaikudaraan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) untuk menjadi Unmanned Aircraft Systems (UAS) Training Center dengan kode UASTC-003. Melalui penunjukan tersebut, Terra Drone Indonesia dapat memberikan pelatihan drone kepada masyarakat umum, sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan DKPPU yakni CASR Part 107.73. Peserta yang telah menyelesaikan pelatihan tersebut nantinya akan memperoleh sertifikat untuk mendaftar sertifikasi remote pilot DKPPU melalui SIDOPI-GO.

Terra Drone telah  ditunjuk sebagai UAS Training Center sejak bulan April tahun 2022 lalu. Dan telah rutin mengadakan pelatihan serta berhasil menghasilkan kurang lebih 420 orang menjadi pilot drone bersertifikat. Proses pelatihan yang diberikan oleh Terra Drone Indonesia terdiri dari pelatihan teori, praktik, dan ujian kompetensi. Materi pelatihan pun meliputi pengenalan drone, prinsip kerja, spesifikasi, pembebanan, dan komponen drone, pengenalan operasi drone, prosedur komunikasi dan radio, manajemen sumber daya dan kru, penanganan situasi darurat, regulasi operasi drone dan masih banyak lagi.
 
Pelatihan dari Terra Drone Indonesia dipantau secara rutin oleh tim DKPPU untuk memastikan bahwa materi yang diberikan relevan dengan kebutuhan pelatihan. Terra Drone Indonesia juga berkoordinasi dengan tim DKPPU untuk selalu menyertakan observer di setiap pelaksanaan pelatihan. Berbeda dengan tempat training center lain, peserta yang mengikuti pelatihan drone di Terra Drone Indonesia akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti konsultasi seumur hidup, kesempatan untuk project/penelitian bersama, kursus online drone hingga Direktur Terra Drone Indonesia, Michael Wishnu Wardana mengungkapkan, “Melalui penunjukkan training center ini, Terra Drone Indonesia akan membantu meningkatkan awareness kepada para pengguna drone di Indonesia untuk menerbangkan drone secara aman dan sesuai regulasi. Hal ini juga sesuai harapan pengguna drone dan pihak terkait untuk menjaga penerbangan drone tetap aman di kawasan ruang udara Indonesia”
 

Selain pelatihan sertifikasi remote pilot, Terra Drone Indonesia juga menyediakan pelatihan penggunaan drone untuk berbagai keperluan dan berbagai sektor industri, dan berencana membuat Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia untuk penggunaan drone, serta menyediakan platform untuk kursus drone online.

Pelatihan sertifikasi drone dari Terra Drone Indonesia dibuat rutin setiap bulannya dan diselenggarakan di kota-kota besar seperti di kota Bandung, Tangerang Selatan, Lombok, Semarang, Surabaya, Riau dan akan terus bertambah setiap periodenya. Pelatihan terdekat akan dilaksanakan pada bulan Mei, Juni, dan Juli, dan masyarakat bisa mendaftar melalui website Terra Academy, https://academy.terra-drone.co.id/sertifikasidrone2023/. (*)