HUT Kedua, BRIN Ajak Masyarakat Bersiap Sambut Wahana Edukasi IPTEK

LAN • Sunday, 7 May 2023 - 21:12 WIB
©HumasBRIN

Jakarta - Kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kedua berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada 2023 kali ini, peringatan HUT BRIN yang dipusatkan di Gedung BJ. Habibie, Jakarta terasa lebih meriah karena melibatkan masyarakat umum dan berbagai komunitas dari berbagai wilayah Sejabodetabek, Minggu (07/05).

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan, pada peringatan HUT BRIN kedua ini bersamaan dengan Kick Off Indonesia Research and Innovation Expo (Inari Expo) 2023 yang rencananya akan diselenggarakan pada 20 - 23 September 2023 mendatang. Kegiatan ini menjadi bentuk wahana edukasi kepada masyarakat tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Sebenarnya ulang tahun BRIN telah ditetapkan pada 28 April, namun sesuai dengan surat edaran dari Menkopolhukam bahwa sebelum tanggal 2 Mei 2023 tidak diperkenankan membuat acara keramaian maka peranyaan HUT BRIN yang kedua digelar pada hari ini, Minggu, 7 Mei 2023," kata Handoko.

Handoko menyadari, media massa mempunyai peran yang besar dalam menyampaikan informasi terkait iptek kepada masyarakat. Untuk itu, dia menyampaikan terima kasih kepada para media massa yang selama ini telah mendampingi BRIN dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Ke depan, Handoko bertekad akan terus mengajak media untuk bersama menggaungkan dan meningkatkan awarness mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat. "Edukasi iptek kepada masyarakat itu memang tidak muda selama ini, tetapi di negara manapun yang namanya edukasi iptek memang tidak muda sehingga kami terus membutuhkan rekan-rekan media untuk menggaungkan iptek sebagai sokoguru utama perekenomian kita ke depan," ujar Handoko.

Hal senada disampaikan Kepala Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan Driszal Fryantoni, gelaran HUT BRIN kedua bersamaan dengan Kick Off Inari Expo 2023 bertujuan agar masyarakat mendapatkan informasi lebih awal bahwa pada September 2023 akan digelar pameran riset dan inovasi. Selain itu, peringatan HUT BRIN tahun ini dengan melibatkan masyarakat umum diharapkan akan menambah interaksi antara BRIN dengan masyarakat luas.

"Keterlibatan masyarakat pada perayaan ulang tahun BRIN kali ini akan menambah interaksi kami dengan masyarakat luas, sehingga masyarakat lebih mengenal saja yang dimiliki oleh BRIN," kata Driszal

Direktur Promotor Murtila Promosindo Damar Rusli mengatakan, pada 2022 pihaknya telah dipercaya menggelar Inari Expo 2022 dan mampu menghadirkan pengunjung setidaknya sebanyak 10.000 pengunjung selama empat hari. "Pada gelaran Inari Expo 2023 kami akan membuat lebih booming lagi dengan beberapa tambahan event yang sebenarnya mempunyai kalender pameran tersendiri yakni Indonesia Electric Motor Show (IEMS)," kata Rusli.

Rusli melanjutnya, pihaknya akan mengintegrasikan event pameran tersebut dengan Inari Expo 2023. Hal yang membedakan lainnya dengan gelaran yang sama pada tahun sebelumnya adalah, pameran tersebut akan digelar semi outdoor dan juga akan diselenggarakan ajang temu bisnis.

"Kami sangat optimis Inari Expo 2023 gaungnya akan lebih besar dari 2022 karena kami melihat inovator-inovator di Indonesia sudah mumpuni," pungkasnya.