Semarakkan Hardiknas, Polimedia Kuatkan Kolaborasi

ANP • Tuesday, 2 May 2023 - 16:34 WIB

JAKARTA - Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) Tipri Rose Kartika akan memperkuat kolaborasi dalam rangka peningkatan kualitas SDM di kampus Polimedia. Hal ini disampaikan pada peringatan upacara bendera Hari Pendidikan Nasional 2023 di kampus Polimedia Jakarta (02/05).

Melalui hari Pendidikan Nasional ini Polimedia akan terus meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak. “Melalui peringatan Hardiknas ini kita perkuat kolaborasi dengan berbagai pihak”, kata Tipri.

Hari Pendidikan Nasional tahun ini bertemakan “Bergerak Bersama, Semarakkan Merdeka Belajar”. Momentum ini digunakan oleh Tipri untuk memperkuat kerja sama dalam tiga hal; pertama kerja sama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan produk atau karya yang dihilirisasi kepada masyarakat. 

“Pertama penguatan kerja sama penelitian dan pengabdian hasil karya kita diterima atau digunakan masyarakat”, sebut Tipri.

Selanjutnya kolaborasi juga harus dilaksanakan untuk mengirim mahasiswa dan dosen ke lembaga lain agar dapat mengenal perkembangan dunia Pendidikan dan dunia usaha industri saat ini. Salah satunya melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang pada tahun 2023 Polimedia memberangkatkan 16 mahasiswanya ke kampus-kampus luar negeri. Untuk para dosen juga melakukan study banding dan magang di kampus luar negeri.

“Saat ini mahasiswa kita tidak hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari dan menambah pengetahuan serta pengalaman diluar kampus melalui program-program Merdeka Belajar”, jelas Tipri.

Terakhir kolaborasi terkait dengan kewirausahaan di bidang industri ktreatif. Polimedia menjadi salah satu kampus dengan potensi start up di bidang digital. Oleh karena itu, harus saling bersinergi agar menciptakan sebuah jejaring suplai chain management.

Polimedia sebagai kampus kreatif yang berorientasi pada industri kreatif telah banyak meluluskan mahasiswa di berbagai bidang ekonomi kreatif dengan berbasis produksi dan entrepreneur.