Momen Hari Kartini, Sembilan Mahasiswi Untar Raih Beasiswa Isma 2023

AKM • Sunday, 30 Apr 2023 - 06:18 WIB

Jakarta - Momen istimewa dalam peringatan Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional tahun ini di Untar. Sembilan mahasiswi Untar berhasil meraih Program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Scholarship 2023. Seluruh penerima IISMA 2023 yang berasal dari Untar adalah mahasiswi yang kelak meneruskan perjuangan Ibu Kartini.

Rektor Untar, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan M.T., M.M., IPU., ASEAN Eng. mengucapkan selamat kepada 9 Srikandi Untar yang telah lolos dalam seleksi IISMA 2023. 

“Kejar impian dengan menempuh studi di luar negeri sebagai implementasi program MBKM menuju world class university. Sebagai salah satu universitas unggulan di Jakarta, Untar terus mendorong peserta didiknya untuk menjadi SDM yang unggul mengikuti jejak RA. Kartini dan Ki Hajar Dewantara,”’ujar Agustinus dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (30/4).

Salah satu penerima beasiswa adalah Samantha Elizabeth Fitzgerald yang memaknai perjuangan Kartini sebagai simbol bahwa kecerdasan dan kemampuan bisa dimiliki siapa saja yang mau berusaha. Termasuk buat dirinya yang punya kesempatan dan mampu memperoleh beasiswa IISMA ke University of Waterloo, Kanada.

“Sebagai salah satu perempuan yang terpilih sebagai IISMA Awardee, saya berharap dapat menjadi inspirasi bagi orang lain, untuk mengejar impian mereka dan melampaui status quo,” ujar mahasiswa Fakultas Hukum ini. 

Samantha juga menyampaikan pesan untuk perempuan-perempuan Indonesia agar menyadari begitu istimewanya dirimerekasertaterussalingmendukung,beraniuntuktampil,bertindak,danmengejarmimpi.

IISMA sendiri adalah program beasiswa unggulan yang didanai pemerintah, dikelola secara terpusat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek. Program ini mendanai mahasiswa sarjana Indonesia untuk program mobilitas di universitas mitra terkemuka di luar negeri selama satu semester.

Salah satu penerima beasiswa IISMA Esperansya Desmonda Woen, juga meraih Juara I Individual pada ICAEW (The Institute of Chartered Accountants in England and Wales) Indonesia Business Challenge, 

“Belajar di luar negeri, menjadi representasi Indonesia di tingkat internasional bisa dilakukan semua perempuan. Gender, stigma, ataupun stereotip bukan dan jangan sampai menjadi batasan mimpi dan cita-cita seorang perempuan,” ujar Esperansya yang akan melanjutkan kompetisi ke babak Grand Final ICAEW China and Southeast Asia Business Challenge 2023 pada 13 Mei mendatang.

Mahasiswi Untar penerima IISMA 2023 adalah:

1. Sharon Marilyn - Sussex University

2. Caecilia Patrice Yonandi - Edinburgh University

3. Kharisma Putri Anugerah - Sapienza University of Rome

4. Esperansya Desmonda Woen - Nanyang Technological University 5. Samantha Elizabeth Fitzgerald - University of Waterloo

6. Helen Angelina - Nanyang Technological University 7. Ashley Eugenia Colette - Korea University

8. Sheillya Khonada - University of Leeds

9. Annabelle Kael Tanady - Taiwan Tech