Kalap Makan saat Lebaran? Perhatikan 5 Tips Sehat Mencegah Kolesterol ini!

LAN • Thursday, 27 Apr 2023 - 15:10 WIB

Perayaan hari raya Lebaran identik dengan santapan lezat yang disajikan untuk dinikmati bersama keluarga besar. Makanan dengan cita rasa khas Indonesia yang kaya dengan rempah-rempah dan santan membuat siapa pun tergoda untuk menyicipinya. Namun, waspadalah, kelezatannya bisa mengakibatkan kecenderungan untuk makan berlebihan yang berpotensi mengakibatkan peningkatan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh!

Kolesterol tinggi dapat terjadi karena kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam darah meningkat. Kolesterol tinggi ini dapat meningkatkan risiko penyakit stroke dan jantung. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, penting untuk mengetahui cara memperbaiki pola hidup agar lebih sehat setelah Lebaran. Berikut 5 tips untuk mencegah peningkatan kolesterol jahat:

1. Kurangi Konsumsi Garam, Gula, dan Makanan Olahan

Rasa asin dan manis sering ditemui pada makanan olahan khas Lebaran. Namun, makanan olahan dengan garam, gula, aditif, dan pengawet dapat membahayakan kesehatan. Mengurangi asupan makanan olahan ini adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kesehatan agar mencegah obesitas, penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

2. Tingkatkan Asupan Air Mineral
Air mineral membantu penyaringan kotoran di organ-organ pencernaan, seperti usus, ginjal, dan hati. Limbah tubuh yang disaring air akan keluar saat buang air kecil, keringat, dan napas. Maka dari itu, penting untuk minum air putih delapan gelas setiap hari.

3. Perbanyak Makan Sayuran dan Buah
Sebagaimana diketahui, penumpukan kolesterol di dinding arteri bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk menjaga kadar kolesterol, tingkatkanlah konsumsi makanan hijau seperti alpukat, zaitun, kacang hijau, anggur hijau karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

4. Olahraga Teratur
Olahraga mampu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Dengan aktif bergerak dan melatih raga, otomatis dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga agar penyakit tidak bertambah parah.

5. Pola Tidur yang Cukup
Tidur malam yang cukup dan berkualitas dapat meningkatkan imunitas tubuh. Jika kurang tidur, tubuh tidak memiliki waktu untuk beristirahat dan detoksifikasi. Toksin di dalam dalam tubuh pun mengendap dan mengakibatkan deteriosasi kesehatan. Maka, disarankan untuk orang dewasa agar tidur setidaknya 7-8 jam setiap hari. (Salsa)