Patwal Polantas Kawal Pergerakan Arus Balik Dari Semarang Hingga Jakarta

MUS • Monday, 24 Apr 2023 - 22:01 WIB

Semarang - Pergerakan one way dari arah Semarang menuju Jakarta dalam rangka arus balik Idul Fitri 2023 dibuka secara resmi oleh Mengko PMK Muhadjir Effendi di pintu Tol Kalikangkung Semarang pada Senin (24/4), tepat pukul 14.45 WIB. Ribuan kendaraan pemudik itu akan melaksanakan pergerakan satu arah dari km 414 (Kalikangkung) menuju km 72 (Cipali) dengan dipandu oleh mobil patwal dari Korlantas Polri.

Didampingi Kakorlantas Irjen Pol Firman Santyabudi dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Muhadjir berpesan agar para pemudik bergerak tertib dan tidak mendahului mobil patwal yang mengawal mereka.

"Saya harap ara pengendara diharap sudah mengisi kartu tol dan BBM kendaraan sudah dalam keadaan penuh. Saya himbau jangan ada pengendara yang mendahului patwal," kata Muhadjir.

Pada kesempatan door stop di depan media, Menteri Muhadjir mengatakan sebenarnya pergerakan one way akan dilaksanakan pada pukul 14.00 wib,  namun dikarenakan pergerakan massa mudik dari Jakarta, maka kegiatan diundur.

"Pelaksanaan one way ini bersifat dinamis dengan melihat berbagai pertimbangan dan perkembangan di lapangan," kata Muhadjir.

Sementara Irjen Firman Santyabudi mengatakan pengawalan oleh Korlantas sengaja dilakukan agar para pemudik tidak melanggar batas kecepatan.

"Selain itu, saya harap para pengendara yang sudah masuk ke jalur kiri arah Jakarta jangan berpindah ke kanan," tutur Firman.

Dirinya juga menuturkan, kebijakan one way sangat mungkin akan diterapkan kembali pada Sabtu hingga Minggu mendatang.

"Yang perlu dipahami, bahwa lancar tidak harus di jalan tol. Bila nanti beban tol terlalu penuh, maka arus akan kami geser ke jalur-jalur arteri. Jadi tetap bisa melakukan perjalanan. Disarankan pemindahan ke jalur arteri dilaksanakan malam hari saat arusnya sudah sepi," tambahnya

Sedangkan Kapolda Irjen Ahmad Luthfi menegaskan pihaknya telah menyiapkan jalur-jalur non tol dan arteri untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik dan balik di sejumlah kawasan aglomerasi di Jawa Tengah. Oleh karena itu, dirinya sudah menyebar pos-pos pengamanan dan pelayanan di seluruh wilayah.

Polda Jateng, ungkapnya, telah menyiapkan jalur pantura, jalur tengah dan jalur selatan untuk dilalui pemudik. Oleh karena itu para pemudik diharap tidak terburu-buru dikarenakan banyak jalur alternatif yang disiapkan

"Di jalur arteri juga sudah disiapkan petunjuk dan pengawalan. Jadi bila pada perjalanan baik masyarakat ada yang kebingungan, kita sudah siap untuk memandu. Termasuk juga bila ada permasalahan dengan kendaraan, kita siap membantu," terangnya. (APb)