Jelang Haji, Irjen Kemenag Ingatkan Petugas Utamakan Jemaah

MUS • Thursday, 13 Apr 2023 - 09:26 WIB
CMH 2023

Jakarta - Inspektur Jenderal Kementerian Agama, Faisal, meminta seluruh petugas haji untuk menjaga integritas dalam bertugas, dengan selalu disiplin dan memberikan layanan terbaik bagi jemaah.

Hal itu disampaikan Faisal dalam Bimbingan Teknis Petugas Haji di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Rabu (12/4/2023).

"Kita harus samakan visi bahwa sebagai petugas haji harus dioptimalkan perannya untuk beribadah melayani umat. Jika ada yang tidak siap, silakan keluar dari barisan,” tegas Faisal. 

BACA JUGA: Bakar Semangat Petugas Haji, Menag: Jadilah Problem Solver! 

Faisal menambahkan Inspektorat Jenderal Kementerian Agama (Itjen Kemenag) juga akan mengawasi tiap kebijakan dan proses penyelenggaraan ibadah haji. 

“Termasuk hari ini, saya minta dipantau pelaksanaan Bimtek ini. Kalau dalam proses Bimtek ada yang tidak disiplin, informasikan ke saya supaya yang bersangkutan dicoret saja dari petugas haji,” ucap Faisal.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mempertahankan sekaligus meningkatkan Indeks Kepuasan Jemaah Haji (IKJH) tahun ini. "Tahun ini indeks kepuasan haji harus meningkat," seru Irjen Faisal.

Menurutnya, misi haji bukan misi sektoral, melainkan misi bangsa Indonesia. Karenanya, ia menekankan tujuh hal yang harus dilakukan petugas haji Indonesia selama melayani jemaah, yaitu: Patuh, taat dan disiplin dalam menjalankan tugas di bawah komando Menteri Agama selalu Amirul Hajj; profesional dan mengutamakan layanan kepada jemaah; menghindarkan diri dari perbuatan tercela; proaktif dalam menangkal hoaks; jaga integritas dan kehormatan bangsa; kawal kepuasan layanan jemaah haji; jaga kekompakan dan kepedulian sesama petugas haji Indonesia.