Bakar Semangat Petugas Haji, Menag: Jadilah Problem Solver! 

MUS • Thursday, 13 Apr 2023 - 01:48 WIB
CMH 2023

Jakarta - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, membakar semangat para petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang sedang mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) di asrama haji Pondok Gede, Jakarta.

Menag menilai Bimtek sebagai tahapan penting untuk memastikan petugas kompeten dalam melayani jemaah. "Luruskan niat. Ikuti bintek ini dengan baik agar saudara dapat memberikan layanan maksimal ke jemaah," tegas Menag, Rabu (12/4/2023).

Menag juga meminta agar petugas bukan hanya memberikan pelayanan tapi juga menjadi provlem solver atas masalah yang dihadapi jemaah di Tanah Suci. "Jangan sampai petugas haji malah menjadi bagian masalah," pesannya. 

BACA JUGA: Simak! Ini 5 Titik Kritis Selama Ibadah Haji

Menurut Menag, pada operasional haji tahun 2022, masih ada petugas yang bermasalah sehingga harus berurusan dengan polisi Saudi, hingga menjadi pekerjaan tambahan bagi petugas lainnya.

"Saya tidak ingin dan tidak mau ini terulang. Jalankan semua peraturan. Pahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di Saudi. Minta tolong ini dijaga, jangan sampai saudara justru jadi bagian masalah," kata Gus Men, panggilan akrabnya.

Hal kedua yang dipesankan Menag adalah agar petugas sabar dalam menjalankan tugas. 

BACA JUGA: Bekali Tim MCH 2023, Stafsus Menag Gus Bowo: Tetap Kompak dan Jaga Kesehatan

"Melayani lansia harus sabar. Kalau orang bilang sabar ada batasnya, saya berharap saudara bersabar tanpa batas," harapnya.

"Tugas saudara di Tanah Suci akan sangat menantang, kadang mengganggu emosi kita. Tetaplah bersabar. Kalau ingin marah, minum zamzam. insya Allah tidak akan kering sumur zamzam," ucapnya sambil berkelakar.

Sabar, kata Gus Men, menjadi penting karena masih ada petugas yang emosional saat melayani jemaah.

"Jangan bentak jemaah. Saudara tidak akan bisa berangkat ke Tanah Suci untuk bertugas kalau tidak ada jemaah haji. Hormati dan layani mereka dengan baik. jangnlan sakiti mereka. Itu sama saja menyakiti tamu Allah," ujar dia lagi. 

Rencananya bimtek akan berlangsung hingga 16 April 2023. Bimtek diikuti 1.234 peserta terdiri atas 928 petugas Kementerian Agama dan 306 dari Kementerian Kesehatan.