Bekali Tim MCH 2023, Stafsus Menag Gus Bowo: Tetap Kompak dan Jaga Kesehatan

MUS • Wednesday, 12 Apr 2023 - 01:12 WIB
MCH

Jakarta - Staf Khusus Menteri Agama RI, Wibowo Prasetyo, memberikan pesan khusus kepada tim Media Center Haji (MCH) 2023, yang akan meliput rangkaian ibadah haji 1444 Hijriah. 

Gus Bowo, panggilan akrabnya, mengingatkan para wartawan yang tergabung dalam MCH agar selalu kompak, saling membantu, dan saling mengingatkan selama menjalankan tugasnya. Sebab liputan haji, sama sekali berbeda dengan yang biasa dikerjakan awak media sehari-hari. 

"Di sana (Saudi, Red) tidak bisa kerja sendiri. Pekerjaan di sana bisa jadi tak semudah seperti yang direncanakan dari tanah air, misalnya datang lalu meliput. Karena sejatinya MCH berangkat sebagai petugas pelayan jemaah haji, para tamu Allah. Sampingannya, meliput dan bonusnya ibadah haji," sebutnya di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (11/4/2023) malam.

BACA JUGA: Simak! Ini 5 Titik Kritis Selama Ibadah Haji

Gus Bowo selaku pengendali teknis MCH 2023 menambahkan, selama di Arab Saudi tim MCH 2023 akan dibagi dalam tiga titik penugasan, yakni daerah kerja Madinah, Mekkah dan Bandara (Jeddah dan Madinah). 

Karena wilayah kerjanya terpisah, kata Gus Bowo, jalinan komunikasi menjadi kunci agar semua informasi penting di tanah suci dapat tertangkap media, dan disalurkan kepada jemaah maupun masyarakat di Indonesia. 

"Saling dukung, saling bantu, wilayah liputan masing-masing, makanya dibutuhkan komunikasi yang intens," tambah stafsus. 

Tak lupa, tim MCH juga diingatkan untuk selalu menjaga kesehatan, karena tugas liputan, melayani jemaah, dan beribadah dalam waktu bersamaan bakal sangat menguras energi. 

"Jaga kesehatan, jaga fisik, banyak minum vitamin, apalagi haji tahun ini sangat panas, persiapan fisik wajib dijaga. Masker juga masih diperlukan untuk menghindari debu dan panas, saat bertugas. Maka sering minum, jangan menunggu haus, bawa semprotan muka, biar terus fresh," saran Gus Bowo.