Pj Wali Kota Perkirakan 1 Juta Wisatawan akan Berlebaran di Kota Wisata Batu

MUS • Tuesday, 11 Apr 2023 - 17:23 WIB

Surabaya - Pemkot Batu mulai menyiapkan berbagai strategi pengaturan wilayah menyambut libur lebaran.  Pj Walikota Batu Aries Agung Paewai memperkirakan jumlah wisatawan saat libur lebaran nanti bisa mencapai 1 juta orang. Hal ini dipicu dengan situasi pandemi yang mulai mereda dan kehidupan masyarakat mulai normal. Momentum lebaran yang 2 tahun terakhir tanpa aktivitas liburan membuat masyarakat akan berbondong - bondong memanfaatkan kondisi yang telah pulih di tahun ini dengan liburan ke Batu yang sampai saat ini menjadi idola wisata di Jawa Timur.

" Kondisi pasca pandemi ini tentu akan membuat masyarakat berdatangan ke Batu. Tidak hanya masyarakat Jawa Timur namun juga mereka yang tengah merayakan libur lebaran di Jawa Timur. Estimasi saya wisatawan yang datang bisa mencapai 1 juta orang " ujar Aries Agung Paewai yang juga menjabat sebagai Kepala BPSDM Jatim tersebut.

Dengan banyaknya wisatawan yang membanjiri Kota Batu, Pj Walikota Batu Aries Agung Paewai menyampaikan telah menyiapkan berbagai langkah koordinasi, baik dengan kepolisian maupun dishub. Hal ini menurutnya sangat penting karena akan berguna dalam mengambil keputusan untuk melakukan rekayasa lalu lintas 

" Tgl 14 nanti kita akan lalukan simulasi dengan pihak terkait, baik kepolisian maupun dishub. Nantinya dari simulasi ini bisa diketahui bagaimana pengaturan lalu lintasnya " lanjut Aries.

Ada 2 hal penting menurut Aries dari simulasi tersebut. Jika nantinya simulasi tersebut berhasil menurut Pj Walikota Batu akan diterapkan. Namun jika gagal maka  akan beralih dengan pengaturan jam untuk masuk ke Kota Batu. Hal ini dilakukan agar para wisatawan nyaman di Batu.

" Nantinya jika terjadi kemacetan kita juga akan turun ke jalan menyapa mereka. Ini sebagai terapi mengatasi kepenatan di tengah kemacetan " lanjut Aries Agung Paewai.

Pj.Walikota Batu menyampaikan bahwa kawasan Jln Soekarno Hatta diperkirakan akan menjadi lokasi rawan kemacetan. Situasi ini juga akan dibahas dalam simulasi tanggal 14 April nanti. 

" Kita akan bahas dilapangan dan insyallah nanti tgl 19 sudah fix untuk dilaksanakan " tambah Aries Agung Paewai.

Sejauh ini meski banyak lokasi wisata di Jawa Timur, Kota Batu masih menjadi idola masyarakat. Kota yang dikelilingi gunung ini berhawa sejuk dan banyak mempunyai spot wisata alam yang menakjubkan. Sehingga sangat nyaman untuk berlibur. Aries juga menyampaikan bahwa seluruh tempat wisata akan buka dan mengoptimalkan layanan termasuk sisi keamanannya.

" Semua tempat wisata sudah siap dan akan buka optimal termasuk juga sisi keamanan. Mengingat mereka vakum cukup lama selama pandemi covid 19. Nanti kita juga akan melakukan pengecekan dan pengawasan agar semuanya aman dan nyaman menikmati libur lebaran di Kota Batu " pungkas Aries Agung Paewai. (Her)