Kemhan dan PT PPM Kembangkan Lahan Pertanian Cadangan Logistik  Strategis Naaional

AKM • Thursday, 6 Apr 2023 - 06:36 WIB

Jakarta - Kementerian Pertahanan RI dengan PT. Palma Pertiwi Makmur (PT PPM) akan meresmikan secara serentak Lahan Pertanian Cadangan Logistik Strategis Nasional, di beberapa Provinsi, Kabupaten/Kota Pada Sabtu 15 April 2023 mendatang.

Kegiatan ini rencanannya akan dihadiri langsunv oleh Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto dan para kepala daerah, dimeriahkan oleh kesenian adat setempat.

Untuk tahap awal direncanakan di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Kalimantan Timur, Papua. Sedangkan untuk Kota, Kabupaten di: Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Barat, Lampung Timur, Tanggamus, Subang, Indramayu, Klaten, Cianjur, Wonogiri, Dumai, Rokan Hilir, Siak Kecil, Siak Besar, Raja Ampat, Kutai Kartanegara, Sukabumi, Garut, Pariaman, Pekanbaru, dll.

Presiden Direktur PT PPM, Mardiyanto mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menjalankan amanah konstitusi yang menyebutkan bangsa Indonesia harus terlibat dalam mewujudkan perdamaian dunia.

“Salah satu cara yang kami jalankan adalah membantu Pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan,” ujarnya dalam Konferensi Pers di kantor Palma, Jakarta, Rabu (5/4). 

Komisaris PT PPM Ahmad menambahkan, pihaknya akn mengembangkan komoditas utama berupa Jagung dilahan pertanian masyarakat.

“Komoditas utama yang ditanam adalah jagung, sedang komoditas lain menyesuaikan dengan kondisi serta harapan masyarakat setempat,” tutur Ahmad.

Ditenpat  yang sama, Peneliti dari Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (UI) Dr. Suyud Warno Utomo mengatakan bahwa masyarakat juga perlu diedukasi, misalnya bagaimana cara memanfaatkan batang jagung. 

“Patut diingat program ini terus memperhatikan kelestarian lingkungan,” katanya

VP Politik Komunikasi Pertahanan dari PT PPM  Ir. Tubagus Bagas Pamungkas, mengatakan bahwa ancaman perang berlarut di laut Cina selatan serta perang Rusia-Ukraina selalu mengancam umat manusia, termasuk konflik-konflik di beberapa negara. 

“Dalam konteks itulah ketahanan pangan menjadi salah satu program kekuatan Indonesia menuju lumbung pangan nasional dan dunia,” tegasnya.

Sementara itu Direktur Investasi dari PT. PPM  Bambang Yasin, mengatakan masyarakat terbantu dengan kegiatan ini.

“ Setiap daerah juga bisa memenuhi kebutuhan pangan di daerahnya, sekaligus berkontribusi untuk ketahanan pangan di dalam negeri,” tandasnya.