Masifkan Penggunaan Kendaraan Listrik untuk Mudik, PLN Operasikan 616 SPKLU di 237 Lokasi

MUS • Monday, 3 Apr 2023 - 14:39 WIB

Surabaya - PT PLN ( Persero )memastikan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk memudahkan penguna kendaraan listrik selama masa mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Salah satunya, PLN menyiapkan sebaran SPKLU sebanyak 616 SPKLU di 237 Lokasi di Indonesia, diantaranya terletak pada rest area jalan tol di jalur mudik yakni di sembilan titik di Tol Trans Jawa, dan enam titik di Tol Trans Sumatra.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN berkomitmen untuk menyiapkan ekosistem yang mumpuni bagi pengguna electric vehicle (kendaraan listrik) di Indonesia.

“PLN memastikan infrastruktur pendukung kendaraan listrik tersedia di jalur mudik sehingga memudahkan pengguna mobil listrik yang mudik untuk melakukan pengisian daya," kata Darmawan.

Darmawan mengatakan, hingga saat ini total 616 SPKLU yang tersebar di 237 lokasi di Indonesia dapat di manfaatkan oleh pengguna kendaraan listrik. Seluruh SPKLU ini menurutnya, siap melayani pengisian daya kendaraan listrik saat mudik lebaran.

Sedangkan 9 lokasi SPKLU yang berada di rest area di sepanjang Tol Trans Jawa diantaranya: Rest Area Kilometer 519 A (Solo-Ngawi), Rest Area KM 519 B (Ngawi-Solo), Rest Area KM 389 B (Batang-Semarang), Rest Area KM 379 A (Semarang-Batang), Rest Area KM 626 B (Kertosono-Madiun), Rest Area KM 207 A (Palikanci), Rest Area 208 B (Palikanci), Rest Area KM 10,6 Tol Jagorawi, dan Rest Area KM 6 (Jakarta-Cikampek).

Selanjutnya, untuk SPKLU di Tol Trans Sumatra yang bisa digunakan diantaranya; _Rest Area_ KM 20 B Lampung (Tol Bakauheni–Kayu Agung), _Rest Area_ KM 49 A Lampung–Palembang, _Rest Area_ KM 163 A Lampung Tengah, _Rest Area_ KM 172 B Tulang Bawang Barat, _Rest Area_ KM 269 Terpeka (Tol Bakauheni–Kayu Agung), dan _Rest Area_ KM 277 Terpeka (Tol Bakauheni–Kayu Agung).

"Kami terus memperbanyak SPKLU untuk bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat beralih ke kendaraan listrik. PLN berkomitmen untuk mendukung ekosistem yang mumpuni dan andal bagi pengguna kendaraan listrik (EV) di Indonesia,” kata Darmawan.

Darmawan melanjutkan, SPKLU ini didukung dengan tiga jenis pengisian daya yang siap beroperasi secara optimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, di antaranya jenis medium charging, fast charging, hingga ultra fast charging.

Adapun sebaran 616 SPKLU yang tersebar pada 237 lokasi; Pulau Jawa 171 lokasi, Bali 34 lokasi, Sumatra 35 lokasi, Kalimantan 12 lokasi, Sulawesi 14 lokasi, Maluku 2 lokasi, Nusa Tenggara 9 lokasi dan Papua 2 lokasi. Lokasi tersebut dapat di cek melalui aplikasi PLN Mobile.

PLN juga memudahkan masyarakat mengecek lokasi SPKLU melalui aplikasi PLN Mobile. 

“Bagi para pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya tinggal buka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih fitur electric vehicle, lalu pilih SPKLU. PLN Mobile akan menampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dan aktif dengan lokasi pengguna mobil listrik,” pungkas Darmawan. (Her)