PSMTI Bagikan 500 Takjil Buka Puasa Menu Tradisional Dukung Produk UMKM Naik Kelas

ANP • Saturday, 1 Apr 2023 - 22:15 WIB

Jakarta - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) membagikan 500 takjil buka puasa kepada masyarakat pengguna jalan di daerah Jl. Raya Menceng, Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (01/04/23). Sebelumnya, pembagian takjil ini sudah dilakukan sejak hari Kamis, (30/03/23).

Sesuai dengan arahan dari Presiden RI Joko Widodo, untuk menggunakan produk dalam negeri. Maka, PSMTI membagikan menu takjil berupa makanan tradisional seperti lontong, aneka gorengan dan sop buah. Hal ini dilakukan untuk mendukung ketahanan ekonomi nasional dengan memberdayakan UMKM.  

"Dengan memberdayakan UMKM, diharapkan hal ini dapat membantu meningkatkan perputaran roda perekonomian di kalangan masyarakat kecil dan dapat mengurangi sedikit beban dari masyarakat yang membutuhkan dalam menunaikan ibadah puasa," ucap Wakil Ketua Umum (WKU) PSMTI Departemen Bidang Sosial dan Lingkungan Hidup Oey Lusiana.

Perempuan yang akrab disapa Lusi Oey ini menjelaskan bahwa, gerakan berbagi takjil ini dilakukan untuk menghormati tradisi umat muslim, lewat berbagi takjil ini PSMTI ingin menebar kebaikan terhadap sesama. 

Sebagai Paguyuban etnis Tionghoa yang terus melakukan beberapa aksi sosial, PSMTI ingin berbagi kebaikan terhadap masyarakat yang tidak bisa berbuka bersama keluarga atau yang sedang bekerja di jalanan. 

“PSMTI sebagai Paguyuban suku Tionghoa ingin ikut merayakan tradisi umat muslim dengan berbagi takjil kepada masyarakat sekitar yang tidak bisa berbuka bersama dengan keluarganya. Hal ini merupakan arahan Ketua Umum PSMTI, Bapak Wilianto Tanta agar terus melakukan kegiatan-kegiatan sosial bagi masyarakat khususnya kepada masyarakat yang kurang mampu,” kata Lusi Oey.

Sebagai informasi, kegiatan berbagi Takjil PSMTI ini dilakukan selama empat hari, pukul 17.00 WIB, di mulai dari hari Kamis, (30 Maret 2023) di Jl Prepedan pinggir kali, Jakbar, membagikan 500 pax takjil; selanjutnya hari ini, Sabtu (01 April 2023) di Jl. Raya Menceng, membagikan 500 pax takjil; Senin (03 April 2023) di Patung Kuda Citra 6, membagikan 500 pax takjil dan Rabu (05 April 2023) di Bundaran Taman Surya membagikan 523 pax takjil sehingga ada 2023 takjil yang diberikan PSMTI selama 4 hari. Dimana PIC berbagi Takjil ini diketuai oleh Preasly Muljono sebagai Wakadept 5 di Departemen Sosial dan Lingkungan hidup.

Dalam gerakan berbagi takjil ini, PSMTI berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Jakarta, Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja) dan UMKM setempat yakni ibu-ibu pedagang serta petugas keamanan lingkungan yang turut membantu.

Diketahui, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) yang berskala nasional, saat ini sudah tersebar di 31 provinsi serta 300 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Dalam hal ini, PSMTI menggelar program berbagi takjil Ramadan secara serentak dengan PSMTI di seluruh Indonesia.