Program Pengabdian Masyarakat, UMB Berikan Edukasi Usaha Pemanfaatan Barang Bekas

ANP • Tuesday, 7 Mar 2023 - 07:06 WIB

JAKARTA – Telah diselenggarakan Program Pengabdian kepad Masyarakat (PkM) oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana (UMB) yang berlokasi di Kelurahan Kembangan Utara Jakarta Barat. PkM ini adalah wujud dari pemenuhan Tridharma para dosen sebagai tenaga pengajar di UMB yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Lurah Kembangan Utara yaitu Bapak Rudi Hariyanto, SP, MM dan sambutan oleh Dekan Universitas Mercu Buana yang diwakili oleh Diky Firdaus, S.Kom, MM, sebagai perwakilan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dalam sambutan tersebut, Lurah sangat antusias terhadap pelaksanaa kegiatan PkM yang akan memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan warganya. Tidak lupa, Lurah memberikan edukasi kepada warganya terkait tema PkM yang akan dilaksanakan, bahwa betapa pentingnya menanamkan nilai-nilai ramah lingkungan dalam mewujudkan keberlanjutan. Tema PkM ini sangat cocok karena memiliki relevansi dengan profesi beberapa ibu rumah tangga di wilayah ini yang memiliki usaha yang sama terkait tema PkM, yaitu “Penciptaan Usaha Kreasi Barang Bekas Berbasis Keberlangsungan Usaha dan Lingkungan”.

Dalam pelaksanaan Pengabdian ini, masing-masing Pembicara memberikan penjelasan terkait tema yang dipaparkan sesuai dengan bidang keilmuannya. Selain itu, instruktur yang Kami undang, memperaktikkan cara membuat kreasi barang-barang bekas seperti: cara membuat ondel-ondel, dompet flanel, dan aneka bucket yang mengadung nilai-nilai ramah lingkungan. Kreasi barang bekas adalah hasil pemanfaatan limbah atau barang tidak habis pakai plastik seperti: baju bekas atau kain, botol plastik, dan lain-lain. Tidak hanya itu, namun hal yang paling penting adalah menanamkan nilai-nilai keberlanjutan lingkungan, sesuai konsep teori “Triple Bottom Line”. 
Terdapat 10 tema tentang penciptaan usaha kreasi barang bekas ini yang dibawakan oleh masing-masing Dosen sebagai Pembicara. Narasumber pertama dipresentasikan oleh Indra Raharja ST, MBA, dengan tema “Pelatihan dan Perencanaan Bisnis Yang Tepat Penciptaan Usaha Kreasi Barang Bekas Berbasis Keberlangsungan Usaha Di Kembangan Utara”. Kedua, dipresentasikan oleh Rachi Titi Ramadhani Sari SE, MM tentang “Pendampiangan Penentuan Harga Jual Pada Produk Hasil Kreativitas Barang Bekas Kelurahan Kembangan Utara Jakarta Barat”. Ketiga, dipresentasikan oleh Hamdan, SE, MM, dengan tema “Strategi Green Marketing Menuju Keberlangsungan Lingkungan: Hasil Kreasi Barang Bekas Karya Ibu-Ibu PKK Kelurahan Kembangan  Utara”. Keempat, dipresentasikan oleh Septiani Juniarti, SE, MM dengan tema, “Pelatihan Kreativitas Memanfaatkan Barang Bekas Sebagai Peluang Usaha pada Era Digital Di Kelurahan Kembangan Utara”.

Selain itu tema yang kelima dipresentasikan oleh Narasumber yaitu Chairiel Oktaviar SE, MM, “Sosialisasi Pengembangan dan Pemasaran Produk Kreatif Berbasis Barang Bekas Untuk Keberlangsungan Usaha Masyarakat Di Wilayah Kelurahan Kembangan Utara Jakarta Barat.”, selanjutnya tema keenam oleh R. Joko Sugiharjo, Ir, MM, dengan tema “Meningkatkan Kualitas Pengelola Barang Bekas Melalui Motivasi untuk Mendorong Ekonomi Keluarga di Kelurahan Kembangan Utara.”, ketujuh oleh Abdul Gani, SE, MM, “Sosialisasi Pengelolaan Barang Bekas Berorientasi Ekonomi kreatif di Kembangan Utara.”, kedelapan oleh Diky Firdaus S.Kom, MM, “Pemanfaatan Barang Bekas Yang Bernilai Ekonomi Bagi Peningkatan Produktivitas Jiwa Entrepreneur Ibu Rumah Tangga Kelurahan Kembangan Utara.”, kesembilan oleh Amzad Samudro, SE, MM, “Strategi Lokasi Dan Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Barang Bekas Dalam Keberlangsungan Usaha Di Kembangan Utara.”, dan tema yang terakhir dipresentasikan oleh Abdul Rahmat, SE, MM, “Peran Manajemen Sumber Daya Untuk Pengembangan Kreativitas Masyarakat  Dalam Pengolahan Barang Bekas  Kelurahan Kembangan Utara.”
Acara ini berjalan dengan lancar dan diikuti oleh peserta UMKM yang antusias dan semangat. Mereka sangat menyimak acara dan melontarkan pertanyaan yang bersifat membangun untuk kemajuan dan konsistensi usaha mereka dengan kondisi covid 19 yang masih melanda Indonesia dan dunia. Dan kami selaku penyelenggara juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ika Dewi Maryanti, selaku instruktur dalam acara ini dimana beliau telah memperagakan secara langsung memanfaatkan barang-barang bekas untuk penciptaan kreatifitas seperti boneka ondel- ondel, dompet dari kain bekas, dan pembuatan rangkaian aneka bucket.
Sebagai penutup acara ini, para Narasumber memberikan doorprize bagi pertanyaan yang terbaik dan konsistensi peserta yang masing mengikuti webminar hingga akhir acara. Lalu ditutup dengan keseruan berfoto bersama dan ucapan terima kasih dari ketua penyelenggara PKM Series berkat kelancaran Pengabdian kepada masyarakat ini. Terlepas dari itu semua, tentunya ada kekurangan pada kegiatan Pengabdian yang telah Kami laksanakan, seperti keterbatasan waktu kegiatan yang menggunakan teknik cross sectional, dan kemampuan Kami dalam membuat kreasi barang-barang bekas yang masih terbatas. Namun, ini akan menjadi evaluasi Kami untuk pelaksanaan Pengabdian selanjutnya agar menjadi lebih baik.