Sepak Bola Nasional dalam Perspektif Wanita

LAN • Thursday, 2 Mar 2023 - 00:14 WIB

Terpilihnya Erick Thohir sebagai ketua umum PSSI baru di Indonesia membuat masyarakat khususnya penggemar sepak bola menaruh harapan besar untuk masa depan dunia sepak bola. 

Seperti yang kita ketahui, dunia sepak bola di Indonesia akhir-akhir ini memiliki banyak sekali kontoversi seperti tragedi kanjuruhan, keributan antar supporter dan masih banyak lagi. 

Dalam program Suara Perempuan, MNC Trijaya FM “Bola di Kaki Perempuan”, Selasa (01/03/2023). Vivin Cahyani selaku Exco PSSI menceritakan tentang dunia sepak bola Indonesia di matanya. 

“Sepak bola adalah olahraga yang unik. Menurut Ipsos Indonesia adalah negara dengan penggemar sepak bola terbanyak di dunia. Dari data tersebut, ada 69% penduduk di Indonesia ini yang menyukai sepak bola,” ucap Vivin. 

Menurut Vivin, ketika dirinya ditanya tentang hal apa yang harus diperbaiki dalam dunia sepak bola Indonesia adalah infrastruktur. PSSI sudah berdiri sejak tahun 1930 dan hingga saat ini belum memiliki National Training Center. 

“Sejak dipilihnya Erick Thohir sebagai ketua umum PSSI, National Training Center menjadi target kerja awal dan hal tersebut diterima oleh presiden Jokowi dengan dihibahkannya tanah di IKN untuk membangun National Training Center PSS. Akan dibangun delapan lapangan dan segala fasilitasnya,” ujar Vivin.

Sepak bola juga memiliki hubungan yang erat dengan anak muda, Tsamara Amany selaku Co Chair B.E.D.A juga mengungkapkan pendapatnya tentang sepak bola Indonesia pada program Suara Perempuan, MNC Trijaya FM.

Tsamara bercerita bahwa dirinya mulai mengikuti sepak bola sejak tahun 2010 dan hal tersebut membuat dirinya mengalami kejadian pahit ketika Indonesia mengalami kekalahan dalam Piala AFF 2010 saat final berlangsung. Menurut Tsamara, kekalahan tersebut terjadi karena Indonesia yang tidak memiliki fighting spirit juga jika diulas kembali banyak sekali rumor yaitu sepak bola Indonesia yang tidak bersih.

“Kalau bicara soal sepak bola, bagaimana cara meningkatkan prestasinya. Tidak mungkin kalau kita tidak memperbaiki itu semua dari akar persoalannya terlebih dahulu. B.E.D.A percaya bahwa untuk membereskan semua itu pak Eric Thohir bisa menghidupkan kembali harapan masyarakat terkait sepak bola Indonesia,” ujar Tsamara.

Vivin memiliki harapan yang baik untuk sepak bola Indonesia sama seperti harapan yang dimiliki masyarakat terhadap hal tersebut.

“Saya berharap bahwa dengan kepemimpinan yang kini dipegang oleh pak Erick Thohir akan membuat sepak bola semakin maju dan sukses dalam prestasi serta administrasi. Jadi, seluruh masyarakat Indonesia ikut andil dalam menyukseskan event FIFA yang akan datang,” ungkap Vivin.

Tsamara juga memiliki harapan yang sama yaitu timnas laki-laki maupun perempuan bisa berkompetisi yang setara dan mendapatkan perhatian yang sama. Dan Tsamara berharap sebagai supporter, kita bisa menonton sepak bola dengan aman dan nyaman lalu pulang dari stadion dengan perasan yang bahagia.

(Raissa Vashti Zuleika)