Banjir Jakarta, Fahira: Kesiagaan Tanggap Bencana Harus Ditingkatkan

AKM • Wednesday, 1 Mar 2023 - 13:37 WIB

Jakarta - Hujan yang masih mengguyur wilayah Jakarta  termasuk bogor telah menimbulkan banjir di sekitar rumah warga terutama yang dekat bantaran kali.

Anggota DPD RI, Fahira Idris meminta Pemprov Jakarta untuk segeta melakukan evakuasi warga dan mendirikan posko-posko pengungsian.

·”Untuk wilayah yang hingga saat ini masih dilanda banjir dan warganya harus mengungsi, saya meminta Pemprov dan dinas terkait segera melakukan evakuasi dan mendirikan posko-posko,” ujar Fahira kepada Media, Jakarta, Rabu (1/3).

Fahira anggota DPD asal dapil Jakarta ini mengatakan Kesiagaan berbagai infrastruktur tanggap bencana ditambah kesigapan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, harus lebih ditingkatkan.

“Selain itu, yang sangat penting adalah kebutuhan warga yang masih harus mengungsi juga harus dipastikan terpenuhi dengan baik,” tuturnya.

Fahira menjelaskan,  Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah potensi curah hujan ekstrem yang kemungkinan masih akan terjadi di Maret ini harus diantisipasi. 

“Harus ada SOP yang jelas salah satunya berapa lama batas waktu yang ditetapkan agar banjir bisa surut. Ini penting agar penanganan wilayah yang masih dilanda banjir bisa direncanakan dan dieksekusi dengan baik,” tegasnya.

Fahira menambahkan berbagai cara harus  dilakukan guna antisipasi banjir di wilayah jakarta.

“ Dengan berbagai cara mulai dari memastikan semua pompa air dalam keadaan prima saat musim hujan seperti sekarang ini dan memastikan tidak ada saluran yang tersumbat di daerah tempat tinggal,” pungkasnya.