Polri Pastikan Dosen UII Ahmad Munasir Tidak Hilang, Tapi Ubah Rute Tanpa Pemberitahuan

MUS • Monday, 20 Feb 2023 - 12:10 WIB

Jakarta - Polri memastikan dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama tidak hilang seperti dugaan sebelumnya. Ahmad disebut sengaja mengubah rute penerbangan dari Oslo, Norwegia tanpa pemberitahuan.  

"Yang bersangkutan (dosen UII) tidak hilang," kata Kadiv Hubinter Polri, Irjen Krishna Murti, saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (20/2/2023).

Menurut Krishna, dosen UII tersebut mengubah rute penerbangannya tanpa memberi tahu siapa pun. Belum diketahui lebih lanjut maksud dari Ahmad untuk mengubah rute penerbangan, di mana dia seharusnya kembali ke Indonesia tersebut.  "Tapi mengubah rute tanpa memberi tahu siapa pun," ujar Krishna.  

Sebagai informasi, Ahmad Munasir melakukan perjalanan ke Oslo, Norwegia pada 4 Februari 2023 dalam rangka tugas kampus untuk mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia.

Munasir seharusnya kembali 12 Februari 2023 melalui Istanbul dengan penerbangan Turkish Airlines dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 16 Februari 2023 pukul 18.00 WIB.

Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Informatika UII itu dilaporkan hilang kontak setelah berkomunikasi terakhir dengan istrinya pada Minggu siang tanggal 12 Februari 2023 dalam perjalanan pulangnya. Komunikasi terakhir terjadi saat berada di Bandara Oslo.