Sido Muncul Beri Bantuan Rp500 Juta Untuk Korban Gempa di Turki

MUS • Thursday, 16 Feb 2023 - 10:40 WIB

Jakarta – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) memberikan bantuan senilai Rp500 juta untuk korban gempa di Turki.

Sumbangan diserahkan langsung oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Wakil Duta Besar Turki untuk Indonesia Omer Orhun Celikkol, di Kedutaan Besar Turki, Jakarta Selatan, Rabu (15/2) kemarin.

Irwan mengatakan pihaknya turut berduka sedalam-dalamnya atas musibah yang menimpa Turki hingga menelan banyak korban jiwa.

“Hari ini kita memberikan bantuan untuk korban gempa di Turki. Kami serahkan lewat Mr Omer sebagai Wakil Duta Besar Turki untuk Indonesia. Nominalnya sebesar Rp 500 juta. Pengelolaannya kami serahkan kepada mereka yang lebih mengenal medan dan keperluannya apa saja,” ujar Irwan saat menyerahkan sumbangan itu.

Sumbangan itu juga sebagai bentuk belasungkawa dan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul) memberikan bantuan kemanusian untuk korban terdampak yang berada di sekitar pusat gempa.

Berdasarkan informasi terkini, gempa berkekuatan 7,8 magnitudo terjadi di Turki pada Senin (6/2) pukul 04.17 waktu setempat (08.17 WIB).

Kedalaman gempa ini 18 kilometer dan berpusat di Kota Gaziantep.

Gempa di Turki setidaknya berdampak pada 10 kota dengan total yang terdampak mencapai 40 juta jiwa.

Gempa ini juga menelan korban jiwa sebanyak 35.000 orang, sedangkan pendataan korban luka-luka masih terus dilakukan.

“Posisinya di Turki saat ini keadaannya minus 10 derajat. Dari pengalaman saya, gempa seperti ini pasti keadaannya akan kacau. Apalagi jumlah korbannya cukup banyak. Yang tertimbun juga sepertinya masih banyak. Saya tidak bisa membayangkan sulitnya mereka. Saya berharap supaya para korban segera ditolong dan ditemukan,” tutur Irwan.

Selain menyerahkan bantuan langsung melalui Kedutaan Sido Muncul juga akan memberikan bantuan obat-obatan melalui Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Saya juga akan berpartisipasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang akan berangkat kesana. IDI kan butuhnya obat-obatan, kita akan sumbang produk kita melalui IDI. Di samping melalui IDI, pasti akan banyak sekali bantuan ke Turki,” ujar Irwan.

Dilaporkan korban jiwa di Turki mencapai 31.634 orang dan di Suriah 5.574 orang. Sejauh ini sudah hampir 200.000 orang yang telah berhasil dievakuasi. (APb)