Milenial Apresiasi Kepedulian Presiden kepada Generasi Muda Papua

FAZ • Sunday, 12 Feb 2023 - 01:42 WIB

Jakarta - Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI) mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kepeduliannya terhadap anak-anak muda Papua.

Koordinator AMMI Nurkhasanah menyatakan bahwa Presiden Jokowi sangat fokus pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) anak-anak muda. Tak terkecuali di tanah Papua.

"Menjelang peresmian gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), menunjukkan kepedulian Presiden Jokowi itu mewujud dan konkret."

"Diharapkan gedung PYCH akan melahirkan produk inovatif seperti start-up yang dapat mewadahi produk-produk UMKM masyarakat Papua," ujar Nurkhasanah Sabtu, (11/2).

Nurkhasanah menilai pembangunan Indonesia saat ini berorientasi pada pemerataan ekonomi nasional. Tak hanya di Pulau Jawa, tapi juga di pulau-pulau yang sebelumnya tidak diperhatikan.

"Kalau pemerintahan-pemerintahan sebelumnya, mana ada wadah bagi komunitas pemuda kreatif. Bahkan di kota besar sekalipun. Namun sekarang, di Papua sudah ada tempat yang menampung kreativitas anak-anak muda," terang Nurkhasanah.

Menurut Nurkhanah gedung PYCH juga ada ruang untuk produk UMKM, ada juga PYCH cafe, ruang pelatihan-pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space.

"Fasilitasnya lengkap hingga ruangan berbentuk tribun yang berkapasitas ratusan orang, yang bisa digunakan untuk pertunjukkan, acara keagamaan dan lainnya bisa dinikmati di PYCH," sambung Nurkhasanah.

Selain PYCH yang berlokasi di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Nurkhasanah berharap PYCH juga akan segera hadir di Manokwari, Provinsi Papua Barat.

"Semoga PYCH Monokwari juga segera terealisasikan. Karena semakin banyak tempat-tempat kreatif bagi anak muda, akan semakin terbuka peluang memajukan daerah dan investasi semakin maju," jelas Nurkhasanah.

Pembangunan gedung PYCH di Kab. Manokwari merupakan arahan, gagasan dan dukungan dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn), Budi Gunawan, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya.

Sementara itu, Koordinator Papua Muda Inspiratif (PMI) Simon Tabuni mengatakan bahwa gedung PYCH di Manokwari akan menjadi wadah bagi anak muda untuk mengembangkan diri, minat dan bakat sehingga bisa ikut memajukan Tanah Papua.

PMI berterimakasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Budi Gunawan, atas rencana pembangunan gedung PYCH tersebut.

"Kami mewakili pemuda-pemudi yang ada di Manokwari, Papua Barat sangat berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan kepada Kepala BIN, Pak Budi Gunawan atas dukungan yang sangat luar biasa ini," pungkas Simon.