Acer Nitro 5 Terbaru, Performa Makin Gahar dan Desain Lebih Segar

MUS • Wednesday, 8 Feb 2023 - 14:36 WIB

Melengkapi jajaran Acer Nitro 5 series, Acer belum lama ini memperkenalkan kembali laptop gaming terbarunya yaitu Acer Nitro 5 dengan tampilan yang jauh lebih fresh dibandingkan pendahulunya.

Acer Nitro 5 kali ini sudah memiliki pembaruan, mulai dari segi desain dan performa termasuk prosesor terbaru Intel® Core™ i7-12700H dengan Generasi ke-12 terbaru.

Tidak hanya itu, masih banyak fitur andalan yang diusung Acer Nitro 5 seperti Prosesor Intel® Core™ i7-12700H generasi ke-12 dengan grafis NVIDIA® GeForce® RTX 30 Series, Upgradeable dengan dual slot SSD NVMe, dual slot RAM dan sebuah slot SATA, layar FHD dengan panel Real IPS refresh rate 165 Hz dan response time 3ms, Intel® Killer™ Wi-Fi 6 AX1650i (802.11ax) dan Intel® Killer™ Ethernet E2600 Controller serta sistem termal Inovatif dengan Dual-fan Cooling dan Quad-Exhaust. 

Penasaran? Berikut ulasannya.

Desain dan Layar yang Semakin Canggih

Meski mengusung desain baru, Acer Nitro 5 masih mempertahankan warna dasar hitam. Namun, kini terdapat aksen garis-garis berwarna biru dan ungu yang membuatnya tampak lebih segar dari model sebelumnya.

Salah satu pembaruan desain adalah dengan sasis baru yang telah disempurnakan dengan kehadiran pendinginan kipas ganda, saluran masuk ganda (atas dan bawah), dan desain port quad-exhaust. Quad-exhaust atau empat exhaust ini merupakan tempat udara keluar masuk yang ditempatkan pada bagian belakang laptop. Exhaust ini bekerja dengan dua kipas pendingin Acer untuk untuk menjaga suhu laptop tetap stabil.

Berkat pembaruan desain ini membuat Nitro 5 diklaim mampu membuat proses pendinginan berjalan optimal, sekaligus menghindari terjadinya penurunan performa. Kecepatan kipas, pencahayaan, dan lain sebagainya untuk sistem pendingin hingga 25% airflow yang lebih optimal bisa diatur melalui aplikasi NitroSense.

BACA JUGA: Acer Nitro 5 Versi 2022: Tampilan Beda dengan Desain dan Prosesor Terbaru

Pada bagian depan, terbentang layar 15,6 inci beresolusi FHD dengan refresh rate tinggi hingga 165 Hz dan response time 3ms. Layar tersebut memang terbukti memberikan kenyamanan extra saat bermain game ataupun menonton video, bahkan untuk aktivitas lainnya seperti mengetik dan mengedit.

Tepat di bawah layar, terdapat keyboard RGB 4 zona yang bisa kamu kendalikan melalui hotkey NitroSense khusus. Tombol WASD dan panah juga mendapatkan sentuhan yang berbeda untuk memberikan visibilitas yang lebih baik. 

Laptop ini pun sudah disertakan Microsoft Office Home & Student 2021 di dalam Sistem Operasi Windows 11 Home terbaru yang sudah siap digunakan.

Sasis laptop gaming ini juga di desain upgradeable dengan dual slot SSD NVMe, dual slot RAM dan sebuah slot SATA. Dengan begitu, memudahkan kamu untuk dilepas pasang saat ingin upgrade komponen hardware. Cukup melepaskan bagian bawah sasis laptop.

Dilengkapi pula port seperti HDMI 2.1, sebuah port USB 3.2 Gen 1, satu port USB 3.2 Gen 2 sekaligus port untuk charger, satu port USB 3.2 Gen 2, satu port USB Type-C™ port (USB 3.2 Gen 2) (Thunderbolt 4), serta port Ethernet (RJ-45). 

Performa yang Semakin Gahar 

Dengan prosesor terbaru Intel yaitu Intel® Core i7-12700H di laptop ini, diklaim Acer sanggup memberikan performa optimal pada laptop gaming barunya ini. Prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 ini memiliki 14 cores (6P-core + 8E-core) dan hingga 20 threads. 

Hadir dengan ditunjang clock speed 4.70 GHz dan daya prosesor 45 W serta dukungan arsitektur baru yang inovatif, bisa menyesuaikan core yang tepat dengan beban kerja yang tepat. Dengan begitu, software apapun yang berjalan di latar belakang tidak akan mengganggu permainan kamu, serta memberi kamu kebebasan untuk mengobrol, menjelajah, streaming, mengedit, merekam, dan bermain tanpa henti. 

Dilengkapi oleh kartu grafis yaitu NVIDIA® GeForce® RTXTM 3060 yang mampu menyuguhkan visual gaming yang luar biasa.

Ketiganya memiliki arsitektur 2nd Gen RTX Ampere NVIDIA yang memberikan grafik ray-tracing paling realistis dan fitur AI mutakhir seperti NVIDIA DLSS yang memberikan peningkatan kecepatan pada game dengan kualitas gambar tanpa lebih tajam. Selain itu, fitur dukungan ray-tracing dapat mensimulasikan cahaya dalam di dunia nyata ke dalam game untuk menghasilkan grafis nyaris seperti sungguhan.

Acer pun menyematkan RAM DDR4 yang dapat dengan mudah untuk di upgrade hingga 32 GB. Begitupun dengan SSD NVMe yang bisa diupgrade hingga 512GB dan HDD up to 1TB. 

Tak lupa, berkat dukungan DTS:X® Ultra dan dua speaker 2W, suara menjadi jernih dan dapat disajikan dalam 3D spatial soundscape. Sehingga kami bisa mendengar arah pergerakan lawan dalam game dengan presisi yang tepat. 

Disamping itu, Dual-fan Cooling dan Quad-Exhaust membuat laptop tidak panas ketika digunakan dalam waktu lama untuk gaming dan kegiatan lainnya.  Sumber energinya, laptop gaming ini disokong baterai Li-ion berkapasitas 57.5Wh yang digunakan untuk mengetik dokumen, menonton video atau film, sosial media dan berselancar internet, daya tahan baterai laptop ini cukup awet.

Ketika bermain game online, streaming video, browsing internet, tidak perlu khawatir koneksi internet akan terputus. Ini berkat dukungan Intel® Killer™ Ethernet E2600 Controller, Intel® Killer™ Wi-Fi 6 AX1650i, dan Control Center 2.0.  Kombinasi tersebut terbukti mampu menstabilkan koneksi internet dengan latensi rendah. 

Meski masih mempertahankan warna dasar hitam, pembaruan desain dengan aksen garis-garis berwarna biru dan ungu dari Acer Nitro 5 kali ini jauh lebih segar. Mengandalkan prosesor Intel® Core™ i7-12700H yang merupakan generasi ke-12 dengan grafis NVIDIA® GeForce® RTX 30 Series tepatnya RTX 3060.

Didukung penuh dengan layar 15,6 inci beresolusi FHD dengan refresh rate tinggi hingga 165 Hz dan response time 3ms, membuat visual dalam game terlihat lebih imersif.  Sokongan RAM DDR4 up to 32GB, SSD NVMe up to 512GB dan HDD up to 1TB, memungkinkan semua software berjalan cepat di laptop ini.

Semua varian Acer Nitro 5 sudah tersedia di Indonesia melalui Acer Official Store Indonesia secara online maupun offline dengan harga mulai dari Rp. 17.999.000. Bagi kamu gamer casual yang tertarik dengan Acer Nitro 5, silahkan mengunjungi Acer Official Store Indonesia pada link https://store.acer.com/en-id/catalogsearch/result/?q=Nitro%205%2012th%20gen, atau store Acer terdekat di kotamu. Untuk informasi ketersediaan produk Acer Acer Nitro 5 serta promo menarik, kamu bisa mengakses https://store.acer.com/en-id/ dan www.acerid.com.