Hensat: Tanpa Deklarasi Bersama, Anies Bisa Kehilangan Momentum

MUS • Sunday, 5 Feb 2023 - 16:12 WIB

Jakarta - Penulis buku Momentum Politik, Hendri Satrio atau yang biasa disapa Hensat mengatakan bahwa Anies Baswedan Akan kehilangan momentum bila Koalisi Perubahan tidak segera mendeklarasikan Anies sebagai Bakal Calon Presiden secara bersama-sama.

"Walaupun secara terpisah Nasdem, Demokrat, PKS sudah deklarasi terpisah, untuk lebih kuat seharusnya ada deklarasi dan komitmen bersama dihadiri 3 Parpol dan Anies Baswedan," kata Hensat. 

Founder Lembaga Survei KedaiKOPI ini juga menambahkan, bahkan sangat baik bila deklarasi tersebut sudah bersama pasangan Cawapres.

Koalisi Perubahan yang terdiri dari tiga partai politik yakni Nasdem, Demokrat dan PKS dinilai perlu untuk melakukan deklarasi bersama atas dukungannya pada kandidat calon presiden Anies Baswedan. 

Dengan begitu pihak di luar koalisi akan lebih memperhitungkan kekuatan politik yang mengusung Anies Baswedan.

Hal tersebut diungkapkan Da’i Nasional Ustaz Hilmi Firdausi, Sabtu 4 Februari. “Perlu dong, ini menunjukkan keseriusan dalam mengusung Anies Baswedan sebagai kandidat capres koalisi. Dan juga akan membuat pihak lain gentar," katanya. 

Lebih lanjut pengasuh pondok pesantren Assa’adah ini mengatakan Anies didukung oleh umat dan dukungan tersebut akan semakin memperkuat sokongan atas ketiga partai ini.

“Jadi umat akan semakin mendukung. Saat ini jika kita lihat saat Anies berkeliling berbagai daerah, mendapatkan sambutan besar. Hal ini khan menunjukkan modal popularitas yang dimiliki oleh Anies,” ujarnya.

Hilmi menilai waktu yang tepat untuk pendeklarasian tergantung partai di koalisi perubahan, jika secepatnya dilakukan tentu hal ini akan baik, “contohnya sebelum Ramadan. Jadi saat Ramadan memiliki momentum.”

Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik BRIN Siti Zuhro saat dihubungi mengatakan deklarasi bersama koalisi perubahan perlu dilakukan, terlebih partai Nasdem, Demokrat dan PKS tidak ada perbedaan lagi dalam pilihan kandidat calon presiden. Menurutnya semakin cepat dilakukan hal ini akan berdampak positif bagi kandidat calon presiden yang diusung. 

“Ingat, untuk memenangkan pilpres membutuhkan waktu. Jadi lebih cepat lebih baik, sehingga waktu untuk dekat dengan rakyat semakin banyak. Saat ini sudah tidak bisa last minute, karena waktu kampanye hanya 70 hari,” kata Siti Zuhro.

Dengan pengumuman deklarasi bersama yang dilakukan dalam waktu dekat, ini akan membuat rakyat memiliki banyak waktu untuk memantapkan pilihan. “Dan partai pengusung serta kandidat juga memiliki waktu lebih untuk berkeliling menyapa rakyat.”

Saat ditanya apakah sebelum Ramadan merupakan pilihan yang baik untuk melakukan deklarasi bersama koalisi perubahan mengumumkan Anies Baswedan sebagai kandidat, ia mengatakan, “semakin cepat semakin baik. Jadi waktu yang ada dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.