Sikap Resmi PKS Menunjukan Koalisi Perubahan Semakin Jelas dan Terarah

MUS • Tuesday, 31 Jan 2023 - 15:10 WIB

Jakarta - PKS menyatakan konsisten menjadi bagian dari koalisi partai pendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Koordinator Nasional Relawan Perubahan, Kamaludin Enuh mengapresiasi dukungan tersebut sebagai sikap resmi dari ketiga partai pengusung, yakni Nasdem, Demokrat dan PKS.

Diketahui sebelumnya mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan dirinya siap menjadi Calon Presiden (Capres) 2024. Ia pun meminta masyarakat menilai dirinya berdasarkan rekam jejak selama menjabat Gubernur DKI.

 “Setelah pertemuan di Koalisi Perubahan, dengan Partai Nasdem dan Demokrat, saat ini alhamdulillah PKS sudah mengungkapkan dukungannya untuk mas Anies. Kami menyambut baik sikap partai-partai ini sehingga masyarakat bisa segera mengetahui sikap resmi yang ditujukan ketiga partai pengusung ini,” tutur Kamaludin.

Menurut Kamaludin, hal ini akan menjadikan koordinasi dalam Koalisi Perubahan lebih jelas dan terarah. Sosok Anies pun dinilai sesuai dengan kriteria pencalonan presiden 2024 yang diharapkan para partai pengusung.

“Arahnya semakin jelas. Selain memudahkan koordinasi yang lebih terstruktur, mas Anies juga sudah dinyatakan sesuai dengan karakteristik capres yang dibutuhkan oleh koalisi perubahan dalam melihat visi dan misi calon presiden Indonesia ke depan. Semoga amanah ini bisa segera kita wujudkan.” imbuhnya.

Dengan dukungan dari ketiga partai tersebut, jumlah total suara yang terkumpul dari Koalisi Perubahan mencapai 28,35%. Hal ini juga menunjukan bahwa Anies Baswedan merupakan calon presiden (capres) pertama, yang berhasil memenuhi 20% ambang batas atau presidential threshold di pemilu 2024.

“Kita tau saat ini threshold PKS 8,70%, Demokrat 9,39%, dan Nasdem 10,26%, total suara sekarang bisa lebih dari ketentuan ambang batas pencalonan presiden 20% yaitu sekitar 28,35% untuk kursi DPR. Kalau dilihat ya artinya mas Anies adalah capres pertama yang sudah ketahuan memenuhi ambang batas tadi itu.” ungkapnya. 

Kamaludin berharap pencapaian ini bisa menangkis isu-isu yang mempertanyakan keseriusan dari koalisi partai pendukung Anies. “Ini sekaligus menjawab isu-isu liar di luar terkait koalisi ini, dan menunjukan komitmen keseriusan dukungan untuk mas Anies maju ke pemilu 2024 nanti. Tentunya kami sebagai Relawan Perubahan siap mendukung kerjasama yang sudah baik ini, berharap Koalisi Perubahan kian kuat dan solid.” tutup Kamaludin.