Dirut Food Station Ingatkan Pedagang Patuhi Harga Jual Beras SPHP

MUS • Friday, 27 Jan 2023 - 17:46 WIB

Jakarta - PT Food Station melakukan pertemuan dengan para pedagang beras di Pasar Induk Cipinang yang dihadiri juga oleh Tim Satgas Pangan Mabes Polri guna membahas penyaluran lanjutan beras medium, melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di DKI Jakarta, dalam rangka untuk mengendalikan inflasi (Jum’at, 27/1/2023).

Direktur Utama PT Food Station, Pamrihadi Wiraryo mengatakan Food Station sejak Oktober 2022 sampai saat ini terus menjalin komunikasi dengan Perum Bulog dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga beras medium, dimana minggu ini Bulog akan menyalurkan beras medium sebanyak 2.000 ton per hari melalui Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).

Pamrihadi juga menyampaikan terkait penyaluran beras medium yang sudah dilakukan sebelumnya, akan dilanjutkan lagi sebanyak 2.000 ton. "Langkah ini diharapkan dapat menstabilkan harga beras medium di DKI Jakarta yang saat ini sudah melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Pemerintah," katanya.

Dikatakan Pamrihadi, untuk beras SPHP mekanisme penyalurannya dilakukan melalui Mitra Distribusi di PIBC sebanyak ± 86 pedagang yang telah memiliki mitra distribusi di pasar-pasar turunan yang dapat bersentuhan langsung dengan konsumen tingkat akhir.

Adapun beras tersebut dengan harga jual di tingkat pedagang PIBC Rp. 8.900,- per kilogram dimana di tiap toko akan dipasang spanduk harga, dengan target harga jual untuk masyarakat di pasar turunan menjadi Rp.9.300,- per kilogram.

Dalam arahannya, Pamrihadi mengingatkan para pedagang Pasar Induk Cipinang tidak memanfaatkan situasi pasar untuk mencari keuntungan yang terlalu besar. Para pedagang diminta membuat surat pernyataan tentang sanksi yang akan ditanggung jika menjual diatas harga yang sudah ditetapkan.

Keterangan tersebut diperkuat oleh Sardjono dari Satgas Pangan, yang mana akan dilakukan pemantauan di lapangan oleh tim satgas pangan yang berkordinasi dengan Polres dan Polsek setempat.

Menurut Sardjono pengawasan pendistribusian beras KPSH di Pasar Induk Cipinang untuk memastikan negara hadir membantu masyarakat mendapatkan beras dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau melalui program SPHP ini, sehingga berjalan tepat waktu dan tepat sasaran jelasnya.