Saga Ajak Milenial Jaga Serta Manfaatkan Lingkungan Untuk Indonesia Lebih Baik

ANP • Friday, 20 Jan 2023 - 23:25 WIB

PEMALANG  - Sahabat Ganjar mengajak generasi milenial yang berada di Kabupaten Pemalang serta Kabupaten Magelang untuk menjaga serta memanfaatkan lingkungan yang berlangsung pada Jumat (20/1).

Adapaun kegiatan yang belangsung meliputi pengelolaan sampah yang berlangsung di Kabupaten Pemalang serta pemanfaatan lingkungan dengan kegiatan pengenalan apotek hidup di Kabupaten Magelang.

Melansir pada data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada 2020 total produksi sampah nasional telah mencapai 67,8 juta ton. Artinya, ada sekitar 185.753 ton sampah setiap harinya dihasilkan oleh 270 juta penduduk.

Untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya mengelola sampah, Sahabat Ganjar mengajak para milenial Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang untuk mengetahui pengelolaan daur ulang sampah

Ketua DPC Kabupaten Pemalang G. Eka menjelaskan alasannya memilih kegiatan pengenalan daur ulang sampah untuk mensosialisasikan Ganjar Pranowo.

"Kami memilih kegiatan daur ulang sampah untuk memperkenalkan sosok bapak Ganjar Pranowo karena komunitas anak mudanya sangat banyak. Kami ingin mendapatkan dukungan dari anak-anak muda untuk mendukung bapak Ganjar sebagai Presiden Indonesia di Tahun 2024," ucap Eka.

Para milenial yang berada di Kecamatan Bentarbolang, Pemalang ini sangat aktif dalam kegiatan di lingkungannya. Selain daur ulang sampah, mereka juga aktif pada kegiatan kreatif lainnya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh G. Eka.

"Anak milenial sekarang sangat kreatif dan unik-unik. Mereka juga sangat inisiatif kalau mengadakan kegiatan. Semangatnya sangat luar biasa, ini yang penting," ungkap Eka.

Salah satu peserta daur ulang sampah bernama Alita mengungkapkan, Ganjar merupakan idola baru bagi kalangan milenial saat ini karena segudang prestasi yang telah diukir selama menjabat Gubernur di Jawa Tengah.

"Sosok Ganjar Pranowo menjadi idola baru dikalangan milenial sekarang. Kepemimpinan sangat luar biasa yang dikagumi anak muda," ungkap Alita.

Selain itu di Kabupaten Magelang, pengenalan apotek hidup juga digelar oleh Relawan Ganjar yang dekat dengan generasi milenial ini. Apotek hidup ini adalah pemanfaatan lahan pekarangan untuk menanam obat-obat herbal. Tanaman yang biasa dijumpai sebagai obat tradisional ini meliputi lengkuas, jahe, jahe merah, temulawak, daun sirih dan masih banyak lagi.

Soekamin selaku Ketua DPC Kabupaten Magelang menjelaskan secara singkat penananaman obat herbal ini secara langsung.

"Sebernarnya tidak ada kesulitan dalam penanaman obat herbal ini. Bahkan sangat mudah ya. Asalkan dirawat layaknya tanaman pada umunya," ucap Soekamin.

Salah satu pengisi kegiatan Apotek Hidup bernama menyatakan dukungannya untuk memenangkan Ganjar Pranowo pada Pilpres yang berlangsung pada 2024 mendatang.

"Dengan kegiatan ini kami berharap bapak Ganjar Pranowo dapat dikenal secara luas dan menjadi presiden 2024," ucap Rahmat.

Tidak bisa dipungkiri, Ganjar Pranowo merupakan pemimpin yang sangat dekat dengan generasi muda di Indonesia. Hal ini karena, beliau sering membagikan postingan aktifitasnya melalui kanal media sosial pribadinya.