Dirut PLN Nusantara Power Tegaskan, K3 Penting Dalam Misi Kerja di Area Pembangkit

MUS • Monday, 16 Jan 2023 - 13:47 WIB

Surabaya - Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dilingkungan PT PLN Nusantara Power (NP) tahun ini langsung melibat 29 unit Rescue pembangkitan milik PLN NP 

Direkrur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah mengatakan, K3 merupakan suatu upaya perlindungan agar karyawan/tenaga kerja selalu dalam keadaan selamat dan sehat selama melakukan pekerjaannya di tempat kerja termasuk juga orang lain yang memasuki tempat kerja maupun proses produksinya dapat berjalan secara aman. 

Menurutnya , K3 merupakan hal penting dalam membangun industri, dengan program K3, perusahaan akan menjadi lebih bermutu dan sistematis untuk berkembang lebih cepat, dan pekerja menjadi lebih aman, sehat dan nyaman. Jika kenyamanan dalam bekerja bisa terwujud, akan tercipta hubungan yang lebih harmonis antara para pekerja dan perusahaan tempat mereka bekerja sehingga menghasilkan produk yang maksimal sesuai misi perusahaan. 

"K3 juga merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan bisnis perusahaan sebagai cermin perusahaan terhadap pengelolaan safety diseluruh lini proses bisnis," ujar Ruly disela acara peringatan Bulan K3 PLN NP bertajuk "Sinergi Untuk Mempercepat Internalisasi Safety Culture" di Probolinggo, Senin ( 16/1/2023) 

Lebih lanjut Ruly mengungkapkan,  Per 1 Januari 2023 sudah terdapat legal end state pembentukan subholding PT PLN NP Dengan terbentuknya legal end state tersebut kata Ruly , diharapkan  menjadi lebih fokus, adaptif, kompetitif dan efisien dalam peningkatan keandalan penyediaan tenaga listrik. 

"Dengan pembentukan subholding PT PLN NP, menjadikan semakin banyak unit pembangkit yang kita kelola dan  ini menjadi challenge tersendiri bagi PLN NP untuk bisa menyelaraskan dan memperkuat proses bisnis yang ada, termasuk standarisasi proses bisnis K3 yang merupakan aspek penting bagi sustainability perusahaan terkait perlindungan ketenagakerjaan dalam pengelolaan keselamatan ketenagalistrikan serta merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja untuk mewujudkan visi K3 yakni nihil kecelakaan kerja dan nihil penyakit akibat kerja," beber Ruly. 

Sementara itu President HSSE PLN NP K3, Achmad Djalaludin mengatakan, bahwa
PLN  NP selama dua kali di dua  tahun yang lalu menyelenggarakan lomba bulan K3  dalam kondisi masa pandemi Covid-19 akan tetapi berjalan lancar. 

"Alhamdulillah masih bisa terlaksana dengan baik dan lancar untuk memeriahkan Bulan K3 Nasional. Akhir tahun 2022 kemarin tepatnya di akhir bulan Desember 2022, Presiden RI telah mengumumkan bahwa PPKM dicabut namun kita semua harus menjaga dan mengantisipasi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan," kata Djalaludin 

Dikatakan Djalaludin, bahwa kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan cedera manusia, kerugian materi/ aset, moril dan pencemaran lingkungan namun dapat mempengaruhi produktivitas juga. 

"Untuk itu penerapan K3 diperlukan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan kerja serta menjamin setiap workforce mendapat perlindungan atas keselamatannya. K3 juga menjamin setiap sumber produksi dapat dipakai dan dipergunakan secara aman dan efisien serta menjamin bahwa proses produksi dapat berjalan lancar," ungkapnya 

Dijelaskan pula, bahwa pelaksanaan peringatan bulan K3 tahun ini adalah sebagai momentum PLN NP untuk memformat kembali konsep implementasi K3 dan anak perusahaannya dengan menitik beratkan terhadap peran para leader yang ada di unit untuk berkomitmen dan mendorong budaya keselamatan diseluruh jajaran dan anggotanya 

"Sejalan sesuai komitmen PT PLN NP bahwa tidak ada yang penting dari jiwa manusia demu tercapai visi Zero Accident," pungkas Djalaludin.  (Her)