Mengejutkan! Warga Surabaya Tidak Tahu Tanggal Pemilu

MUS • Friday, 13 Jan 2023 - 18:05 WIB

Surabaya - Hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) dalam mengungkap apakah tahu kapan Pemilihan Umum (Pemilu) dilaksanakan, mayoritas warga Surabaya menunjukkan sebanyak 59,8% mampu menyebutkan tahun saja.

Direktur Riset SSC, Edy Marzuki menjelaskan sebanyak 12,1% mampu menyebutkan bulan dan tahun, kemudian hanyak 13,7% yang mampu menyebutkan secara lengkap tanggal, bulan hingga tahun pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

 "Meski demikian, masih ada sebanyak 14,4% yang menyatakan tidak tahu/tidak menjawab", jelas Dosen Universitas Yudharta Pasuruan ini

Sementara, Edy menambahkan, meskipun masih banyak yang belum mengetahui secara terperinci pelaksanaan Pemilu, hasil survei menunjukkan sebanyak 84,8% warga Surabaya sudah pasti akan menggunakan hak pilihnya. 

"Hanya 15,2% yang belum pasti menggunakan hak pilihnya ke depan. Ini harus menjadi perhatian bagi penyelenggara Pemilu ke depan", imbuhnya.

Hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) juga mengungkap sumber informasi terkait Pemilihan Umum (Pemilu), mayoritas warga Surabaya menunjukkan Medsos menduduki puncak sumber informasi terkait Pemilu.

Edy Marzuki menjelaskan sebanyak 31,6% menjadikan medsos sebagai sumber informasi terkait Pemilu, diikuti televisi sebanyak 29,4%, dari mulut ke mulut sebanyak 12,3%, media cetak 5,1%, keluarga 2,4%. "Sisanya ada media luar ruang 2,3%, radio 1,9%, pemerinta atau KPU 1,6%, serta sosialisasi partai atau Caleg 1,4%, dan sisanya 12% menyatakan tidak tahu/tidak menjawab", jelasnya.

Edy juga menambahkan, bagi pemerintah harus memerhatikan perkembangan ini untuk memuat sumber-sumber informasi terkait Pemilu ke depan bisa lebih kreatif memaksimalkan medsos.

 "Ini juga bisa menjadikan kalangan milenial yang pada dasarnya pengguna medsos agar bisa menggunakan hak pilihnya secara bijak", imbuhnya. (Her)