Erick Thohir: Transformasi BUMN Membuka Lebar Peluang Bagi Generasi Muda

MUS • Friday, 13 Jan 2023 - 14:10 WIB

Jakarta - Empat BUMN Indonesia bercokol di daftar terbaik Forbes 2022. Adalah Telkom yang menempati ranking 153 Forbes 2022 World’s Best Employer.

Bank Mandiri, BNI dan BRI menembus daftar World’s Best Banks 2022 versi Forbes. BNI mencetak hattrick dengan juga menduduki peringkat ke-349 dunia dalam Forbes 2022 Global 2000 World’s Largest Public Companies.

Sedangkan Pertamina, kembali menjadi satu-satunya perusahan Indonesia yang masuk dalam daftar bergengsi Fortune Global 500.

Menteri BUMN Erick Thohir melalui Staf Khusus nya, Arya Sinulingga, menyebut transformasi BUMN menjadi penyebab kinclongnya prestasi BUMN Indonesia.

"Lima strategi prioritas Kementerian BUMN mendorong perusahaan BUMN menjadi world class. Salah satu strategi prioritas itu adalah pengembangan talenta. Sehingga membuka kesempatan luas bagi generasi milenial serta gen Z untuk berkarya dan berkarir di BUMN," ujar Arya didepan hampir seribuan mahasiswa Universitas Pertamina (UPER) pada kegiatan BUMN Goes to Campus, Selasa, (10/01).

BUMN Goes to Campus di UPER bertujuan memberikan pemahaman tentang transformasi Kementerian BUMN dan menginspirasi generasi muda. Untuk itu, dihadirkan pembicara pemimpin muda perusahaan BUMN dalam seminar bertajuk “Reach Your Dream", yaitu Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Pertamina NRE, Fadli Rahman, yang berusia 36 tahun. Turut berbicara, Lieke Roosdianti Pangkey, Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Arya menambahkan, sebanyak 5 persen jabatan puncak di perusahaan-perusahaan BUMN dipegang kaum muda.

"KBUMN menargetkan jumlah pemimpin muda bertambah menjadi 10 persen di tahun ini. Begitu juga dengan pemimpin perempuan, diharapkan bertambah dari 15 persen menjadi 25 persen di 2023," imbuhnya.

Fadli mengungkap peluang karir di bidang migas dan energi baru terbarukan terbuka luas bagi generasi muda. “Saat ini, Pertamina memiliki 6 sub-holding, dan salah satu sub-holding yang memegang peranan penting dalam transisi energi adalah New and Renewable Energy. Tugas Pertamina adalah memastikan ketahanan energi dapat tercapai oleh generasi kita, terlebih anak muda sebagai agen perubahan,” jelasnya. 

Ia menambahkan, untuk mempercepat transisi energi generasi muda harus memiliki kemampuan penguasaan teknologi serta resiliensi. Manajemen waktu menjadi kunci penting mencapai kesuksesan untuk meningkatkan kompetensi diri dan kesuksesan kerja.

Rektor Universitas Pertamina, Prof. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, dalam kesempatan sama mengatakan, UPER sebagai kampus teknologi dan bisnis energi mempersiapkan mahasiswa agar siap berkompetisi. “Berada dalam ekosistem Pertamina, mahasiswa UPER mendapat manfaat magang di industri, dan bimbingan dari dosen-dosen praktisi. Kami juga melibatkan mahasiswa dalam kolaborasi riset bersama korporasi,” ungkap Prof. Wirat.

Dalam kegiatan BUMN Goes to Campus UPER, juga dihadirkan anjungan perusahaan BUMN yang memberikan informasi karir bagi mahasiswa UPER. Tercatat sembilan BUMN berpartisipasi yaitu Pertamina, Indonesia Financial Group (IFG), Perhutani, BNI, Bukit Asam, Kimia Farma, Pelni, WIKA dan Bulog.

Sementara itu Lieke menyebut, FHCI BUMN berkomitmen untuk membangun generasi muda yang berdaya saing tinggi melalui program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA). "Bagi mahasiswa yang ingin magang atau bekerja di BUMN tidak perlu mengkhawatirkan latar belakang pendidikan yang ditempuh. Peluang kerja di BUMN terbuka besar, mulai dari bidang sains hingga sosial,” ujar Lieke.

Bagi siswa/siswi yang tertarik bergabung di Universitas Pertamina (UPER), bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti Seleksi Mahasiswa Baru UPER Tahun Akademik 2023/2024.

Saat ini, kampus besutan PT Pertamina (Persero) tersebut sedang membuka pendaftaran Seleksi Nilai Rapor (Non Tes) Periode Januari 2023. Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id. (Har)