Beberapa Wilayah Banjir, Ganjar Terus Koordinasi dengan Kepala Daerah

MUS • Saturday, 31 Dec 2022 - 21:51 WIB

Semarang - Beberapa wilayah Jateng banjir. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima laporan bencana banjir terjadi di Kota Semarang, Kudus, Pati, Pekalongan hingga Pemalang, Sabtu (31/12). Ganjar meminta agar semua daerah tak terkecuali memastikan kondisi pompa berjalan dengan baik.

Saat sedang meninjau banjir di Kota Semarang, hampir seluruh titik tergenang. Rerata ketinggian air berbeda. Mulai dari semata kaki hingga sepinggang orang dewasa.

“Prediksi akan terjadi hujan yang cukup lebat, maka kemarin Pak Menhub menghubungi saya agar kami berkoordinasi dengan BMKG dan BNPB,” kata Ganjar di Rumah Pompa Waru, Semarang. 

Ganjar juga terus berkoordinasi dengan para kepala daerah. Khususnya yang melaporkan wilayahnya mulai tergenang banjir.

“Frekuensinya cukup panjang sampai hari ini. Kapasitas (pompa) beberapa kota cukup optimal namun kita ini cek untuk memastikan mereka aktif semuanya,” ujar Ganjar.

Mantan anggota DPR RI itu mengimbau kepala daerah mulai menyiapkan bantuan logistik dan evakuasi. Dalam situasi bencana, kata Ganjar, yang terpenting menyelamatkan manusianya.

“Ini saya masih menunggu beberapa laporan, saya minta bupati/walikota untuk memerintahkan kades dan camat untuk ngecek, di mana yang paling parah untuk segera dilaporkan. Kita tolong dulu manusianya,” katanya.

Ganjar juga telah menginstruksikan BPBD dan relawan untuk menyiapkan kondisi-kondisi kedaruratan termasuk logistik, peralatan rescue, termasuk titik-titik yang diperlukan evakuasi.

“Saya minta agar logistik disiapkan, tempat evakuasi disiapkan, memastikan titik-titik yang perlu mendapatkan perhatian bisa di-protect,” imbuh Ganjar.

Gubernur Jateng dua periode juga meminta agar rumah pompa dipastikan dalam kondisi baik. Apalagi sejak Jumat (30/12) malam, Ganjar telah mengimbau ke seluruh daerah agar pompa diaktifkan. (Den)