Tingkatkan Pemberdayaan Wanita di Desa Wisata

ANP • Tuesday, 27 Dec 2022 - 15:37 WIB

Jakarta – Sebagai perbankan nasional yang lekat dengan masyarakat, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa memberikan nilai tambah kepada masyarakat melalui berbagai program dan inisiatif. Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember, BCA kembali menghadirkan pelatihan dan webinar inspiratif yang dipersembahkan untuk Ibu-ibu Desa Wisata di berbagai daerah secara daring. Pada tahun ini kembali digelar webinar virtual live demo cooking yang menampilkan kuliner nusantara khususnya snack, sekaligus ajang lomba foto memasak. 

Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility Hera F. Haryn membuka  webinar yang merupakan bagian dari program CSR BCA. Pada kesempatan istimewa ini, BCA berkolaborasi dengan Bogasari Baking Center menghadirkan Chef Haryanto untuk berbagi resep serta cara mengolah snack yang bisa dimasak di rumah. Turut pula hadir pada webinar ini Manager SME dan BBC Development PT. Indofood Sukses Makmur Bogasari Flour Mills Beatrix Patricia Soedibyo serta Ibu-ibu pengurus Desa Wisata binaan BCA, desa mitra ADWI 2022 BCA dan pemenang lomba BCA Desa Wisata Award.

Ketangguhan perempuan selama masa pandemi telah menujukkan bahwa perempuan mampu berkarya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2021, sebanyak 64,5 persen dari total UMKM dikelola oleh kaum perempuan. Sedangkan, presentase perempuan sebagai tenaga kerja profesional mencapai 49,99 persen di tahun 2021, naik 2,53 persen dari tahun sebelumnya. Angka yang besar itu menandakan bahwa perempuan punya andil dalam menggerakkan roda ekonomi nasional. 

“Kami melihat para ibu yang turut menjadi bagian dari pengurus desa wisata memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk memajukan bisnis desa wisata. Dalam hal ini, salah satu peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan adalah bisnis kuliner. Kami menghadirkan live virtual demo cooking untuk menginspirasi ibu-ibu pengurus desa wisata dalam menggali potensi olahan snack khas daerah agar dapat dipasarkan secara online. Momentum ini dapat dijadikan sebagai ajang memajukan UMKM dan mempromosikan desa wisata setempat,” ujar Hera.

Demo masak menjadi daya tarik tersendiri dalam gelaran webinar kali ini karena memberikan inspirasi resep masakan yang bisa diaplikasikan bagi pengurus desa dan pemilik homestay di desa wisata. Tidak hanya dapat disajikan, melainkan olahan ini juga dapat dijadikan peluang bisnis online yang saat ini banyak dilakukan pengurus desa lainnya. Kehadiran makanan khas dari sebuah desa wisata juga merupakan nilai tambah bagi wisatawan yang berkunjung untuk mengetahui budaya setempat. Selain itu, BCA juga menggelar ajang lomba foto memasak dengan harapan dapat mendorong semangat dan memotivasi para ibu di desa Wisata untuk memanfaatkan media sosial dengan maksimal. 

Sebagai informasi, program Solusi Bisnis Unggul merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki oleh BCA untuk pembinaan terhadap UMKM, komunitas dan desa yang mempunyai potensi pariwisata & edukasi budaya. BCA melalui program Bakti BCA sudah mengembangkan 15 desa wisata binaan yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Bali. Di tahun 2022 ini, Bakti BCA juga menggelar berbagai pelatihan serta pendampingan yang inklusif bagi sejumlah pengurus Desa Wisata binaan Bakti BCA di Indonesia. 

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan inspirasi kuliner untuk para Ibu Pengurus desa wisata dan dapat memberikan dampak positif terhadap bisnis yang telah  dijalankan selama ini. Kami optimis dengan era pemulihan ekonomi yang kini semakin membaik, dapat membangkitkan pariwisata Indonesia dan meningkatkan kembali pendapatan bagi desa-desa,” tutup Hera.
 
BCA Hadirkan Virtual Live Demo Cooking bagi Ibu-ibu di Desa Wisata – Sejumlah ibu-ibu pengurus Desa Wisata binaan BCA, desa mitra ADWI 2022 BCA dan pemenang lomba BCA Desa Wisata Award mengikuti kegiatan webinar dan virtual live demo cooking yang diselenggarakan oleh BCA bersama Bogasari Baking Center. Dalam acara ini, BCA berupaya menginspirasi para Ibu Desa Wisata untuk berkarya dan berinovasi khususnya di kuliner serta mengajak seluruh peserta untuk dapat memanfaatkan media sosial dengan maksimal.