Rayakan Natal 2022 bersama WNI se-Jepang, Dubes Heri Akhmadi Ajak WNI Rawat Keberagaman

MUS • Sunday, 11 Dec 2022 - 23:24 WIB

Tokyo - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi membuka Perayaan Natal 2022 di Balai Indonesia Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) Sabtu, 10 Desember 2022.

Perayaan Natal 2022 kerja sama KBRI Tokyo dan Keluarga Masyarakat Kristen Indonesia (KMKI) Jepang ini diikuti lebih dari 300 orang masyarakat Indonesia yang tinggal di seluruh Jepang dari Okinawa hingga Hokkaido secara luring dan daring.

Dubes Heri Akhmadi yang hadir bersama Ibu Nuning Akhmadi menekankan semangat Natal dalam membangun peradaban kasih dan merawat keberagaman yang dimaknai dalam Bhineka Tunggal Ika. 

"Natal hendaknya menjadi momentum untuk membangun peradaban kasih dan merawat keberagaman. Keberagaman adalah anugerah Tuhan yang harus disyukuri, dirawat, dan dikembangkan. Keberagaman ini dimaknai dalam semangat Bhineka Tunggal Ika," ujar Dubes Heri yang juga didampingi Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami, Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie, Koordinator Fungsi Protokol Konsuler, Ali Sucipto dan Ketua KMKI Bernard Sirait.

"Perayaan Natal 2022 ini berlangsung secara luring dan daring. Ini kali pertama bisa bertatap muka pasca pandemi Covid-19. Dalam perayaan Natal berikutnya diupayakan bisa lebih lagi pelibatan masyarakat dari luar Tokyo," tambah Dubes Heri. 

Ketua KMKI Jepang Bernard Sirait menyampaikan apresiasinya atas dukungan Dubes Heri Akhmadi dan KBRI Tokyo dalam penyelenggaraan Natal 2022.  

"Ke depan kami akan gelar berbagai kegiatan yang dapat mempererat persaudaraan masyarakat Indonesia di Jepang di bawah bimbingan Bapak Dubes Heri Akhmadi," kata Bernard Sirait. 

Pastor Andy Fani dari Konggregasi Societas Verbi Divini (SVD) yang memimpin jalannya ibadah Natal 2022 ini mengatakan bahwa Natal tahun 2022 adalah momentum menata kehidupan ke depan dengan cara yang lebih baik.  

"Tema Natal 2022 adalah “Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain” sebagaimana terdapat dalam kitab Injil kitab Matius 2:12. Setelah kita menemukan jalan Tuhan hendaknya kita hidup cara baru dan tinggalkan yang lama untuk bisa hidup jauh lebih baik," jelas Pastor Andy Fani.

Jeanne Tangka warga Saitama yang hadir dalam Perayaan Natal 2022 ini menyatakan suka citanya dapat merayakan Natal secara tatap muka dengan jemaat berbagai gereja. 

"Terima kasih atas dukungan Bapak Dubes Heri Akhmadi sehingga kami dapat merayakan Natal bersama dalam kasih Tuhan," pungkas Jeanne Tangka. 

Beragam kesenian tampil dalam Perayaan Natal 2022 ini. Di antaranya adalah tarian Ofa Langga dari Rote Nusa Tenggara Timur persembahan Nusantara Culture Grup, lagu-lagu Kai, penampilan Angklung dari Chiba Indonesian Society dan Orchestra Kawanua dari Gereja Masehi Injili di Jepang (GMIJ) Betlehem Oarai. Hadirin juga dihibur alunan lagu dari Marini Nainggolan yang diiringi oleh band dari KMKI serta persembahan tarian Nihon Buyo ibu-ibu warga Jepang dari grup Shouwa.

Acara juga dimeriahkan dengan permainan keyboard dari Nuning Akhmadi membawakan lagu Ave Maria yang dinyanyikan oleh Bernard Sirait. Perayaan Natal 2022 KBRI Tokyo dan KMKI ini ditutup dengan pembacaan doa dari Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami.