Kontribusi Lembaga Zakat dan Volunteer dalam Menyejahterakan Dhuafa

MUS • Thursday, 8 Dec 2022 - 16:09 WIB

Jakarta -  Indonesia merupakan salah satu negara yang dijuluki 'negara dermawan' karena memiliki banyak kegiatan volunteer. Mulai dari program Dana Zakat, Dana Siswa, dan banyak lagi yang bisa membantu sesama.

Pada event Ruang Tengah 'Giving With Impact Untuk Media, Media Opz, Blogger' yang diadakan Rabu, 07 November 2022 di Kopi Koh Acong, hadir beberapa pembicara yang membahas hal ini secara mendalam.

Mereka adalah Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Moderasi Beragama kemenko Aris Darmansyah Edisaputra, Direktur Eksekutif Forum Zakat Agus Budiyanto, Volunteer Specialist Dompet Dhuafa Chiki Fawzi, pimpinan Baznas Bazis DKI Jakarta Bidang Distribusi dan Pendayagunaan Saat Suharto Amjad, dan GM Komunikasi dan Corporate Secretary Dompet Dhuafa, Dian Mulyadi. 

Direktur Eksekutif Forum Zakat, Agus Budiyanto mengatakan, forum zakat adalah badan asosiasi pengolah zakat. Secara jenis berbeda dengan badan dhuafa dan badan bazis, karena asosiasi tidak melakukan hal yang sama dengan badan lainnya. 

"Anggota kami ada 204 di seluruh Indonesia dan tugas kami adalah membantu lembaga-lembaga zakat yang mengoptimalkan operasionalnya dari sisi kolaborasi, melakukan pemantauan dan regulasi pada tata kelola zakat di Indonesia," ucap Agus

Pada kesempatan itu juga, Aris Darmansyah menambahkan, zakat telah banyak melahirkan program-program yang akan mendukung masyarakat untuk ikut andil dalam berbuat kebaikan.

Volunteer Specialist Dompet Dhuafa sekaligus influencer, Chiki Fawzi juga menambahkan, setiap ia membuat suatu kegiatan, maka sebagian keuntungannya didonasikan untuk yang membutuhkan. 

"Saya sadar setiap orang itu baik dan kebaikan itu akan menular, kebetulan saya seniman dan saya bisa menularkannya melalui seni dan narasi yang saya bikin. Saya menyadari berbuat kebaikan itu bisa menjadi selfish juga buat kita, karena kita sebenarnya juga mencari rasa bahagia dari diri kita dengan berbuat sesuatu,” ungkap Chiki . 

Dian Mulyadi mengatakan, Baznas Bazis merupakan lembaga zakat tertua di Indonesia yang lahir tahun 1968.

"Pemerintah daerah sudah merasakan manfaat Baznas Bazis DKI Jakarta ini, salah satu contohnya kami bangun rumah selama kurang lebih 3 bulan, alhamdulillah kemarin sudah diresmikan, kita hanya perlu 90 hari untuk menyelesaikannya,” tutup Dian. (Yay)