Dubes Heri Akhmadi Saksikan Penandatanganan Kerja Sama PT Pertamina International Shipping dengan Nippon Yusen Kaisha

MUS • Saturday, 3 Dec 2022 - 20:20 WIB

Tokyo - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyaksikan penandatanganan kerja sama antara PT Pertamina International Shipping (PIS) dengan Nippon Yusen Kaisha (NYK) di Tokyo, Kamis, 1 Desember 2022. 

Melalui kesepakatan ini, NYK akan berinvestasi di PIS dan menjalin kolaborasi untuk mengelola bisnis angkutan gas alam cair (LNG), baik untuk pasar domestik maupun internasional. Nilai kerja sama kolaborasi bisnis antara PIS dan NYK itu mencapai US$ 500 juta atau sekitar 7,7 miliar rupiah.  

Kesepakatan ini selaras dengan aspirasi PT Pertamina International Shipping untuk menjadi Perusahaan Logistik Kelautan Terintegrasi Terkemuka di Asia. Khususnya dalam memasuki lini bisnis baru serta memperluas jangkauan layanan ke pasar internasional.

“Saya yakin kerja sama ini timely dan penting untuk perluasan bisnis PIS dalam menjangkau pasar internasional serta untuk meningkatkan kapabilitas PIS. KBRI Tokyo selalu siap memfasilitasi kolaborasi seperti ini“ demikian dikatakan Dubes Heri yang didampingi Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Tokyo Rima Cempaka.

“Kerja sama ini diharapkan dapat turut memperkuat hubungan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Jepang, terlebih lagi pada tahun mendatang Indonesia Jepang akan memperingati hubungan diplomatik yang ke 65 tahun,“ tambahnya.

CEO Pertamina, Nicke Widyawati, menegaskan bahwa kemitraan ini merupakan kelanjutan dari hubungan dan kerja sama yang terjalin antara Pertamina dan NYK selama ini. 

“Kerja sama strategis dengan mitra berkaliber internasional seperti NYK diharapkan tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan bisnis tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing awak armada PIS di lingkungan global,“ ujar Nicke Widyawati.

President dan CEO NYK Line, Hitoshi Nagasawa, menekankan kerja sama ini merupakan langkah strategis bagi NYK untuk turut berkontribusi untuk mendorong pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan inklusif melalui kolaborasi pada sektor transportasi energi. Hitoshi Nagasawa memastikan kesiapan NYK untuk berperan aktif dalam mengimplementasikan tujuan Peta Jalan Net Zero Emission Pertamina Group.    

Kegiatan penandatangan kerja sama ini turut dihadiri Direktur Utama PIS, Yoki Firnandi, serta perwakilan dari Kementerian BUMN RI. Turut hadir pula Chief Representative Pertamina Tokyo sekaligus Presiden Direktur PPT ET Agus Witjaksono.