Setahun Pasca Penggabungan, ini Sederet Transformasi di PT PPI

MUS • Friday, 2 Dec 2022 - 16:07 WIB

Jakarta - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) member of ID Food melakukan akselerasi transformasi bisnis dan budaya menuju perusahaan trading dan logistik yang terdigitalisasi. Sesuai dengan arahan menteri BUMN, Erick Thohir, PPI memiliki peran dalam mendukung terbentuknya ekosistem pangan untuk mencapai kedaulatan pangan Indonesia, dengan memastikan rantai pasok produksi dari hulu ke hilir berjalan secara sistematis dan stabil dalam memenuhi ketersediaan domestik serta berperan untuk kebutuhan pangan dunia.

Penguatan ekosistem pangan nasional menjadi hal vital bagi Indonesia. Sejalan dengan hal itu PPI dalam perannya berupaya meningkatkan inklusivitas petani, peternak, nelayan, dan UMKM, melalui pengembangan kapabilitas bisnis sebagai perusahaan trading logistik. Saat ini, PPI tengah melakukan pengembangan ekspor, dalam fungsinya sebagai ekspor gateway dan key account holder untuk kegiatan trading holding pangan.

BACA JUGA: Ingin Miliki BUMD Berkelas, TPID Kalteng Belajar dari PT Food Station Tjipinang Jaya

​​​​​​Sepanjang tahun 2022, PPI secara reguler melakukan ekspor kopi ke Mesir berdasarkan kontrak kerja sama yang telah disepakati.

Tercatat PPI berhasil ekspor sebanyak 237,06 ton atau senilai 7,1 miliar. Hal ini menjadi sebuah langkah dalam menciptakan kekuatan ekonomi dan memperluas akses pasar produk Indonesia.

Adapun kopi yang diekspor merupakan kopi produksi petani lokal Indonesia, dalam menjalankan peran PPI sebagai offtaker kopi dari petani dan sebagai eksportir dalam rangka untuk terus mendukung industri kopi dalam negeri agar mampu bersaing secara global.

Hal ini didukung dengan tersedianya program pendampingan kepada petani dan penyediaan digital platform dalam upaya pembentukan ekosistem petani kopi sesuai arahan Erick Thohir dengan kolaborasi PMO Kopi dan Agree melalui Telkom Indonesia.

PPI juga melakukan penyerapan ayam hidup (livebird) dari peternak mandiri di wilayah Jawa Barat sebagai upaya stabilisasi perunggasan dan kesejahteraan peternak. 

Mendukung stabilisasi harga minyak goreng, PPI secara konsisten dan berkelanjutan mendistribusikan minyak goreng di seluruh wilayah Indonesia dengan bersinergi dengan berbagai lembaga pemerintah secara efektif dan efisien.

Dalam tahun 2022 PPI mendapat kepercayaan untuk mendistribusikan minyak goreng selama harga minyak melambung di dalam negeri. PPI bersama PT BGR Logistik Indonesia subsidiary of PPI bersinergi menciptakan end to end services menyalurkan minyak goreng secara langsung di pasar dan melalui mitra Warung Pangan. Selain itu, PPI melakukan diversifikasi produk minyak goreng dengan merk Mamamia dan Liva. 

Penyediaan produk-produk pangan ID Food Group dapat diperoleh melalui aplikasi Warung Pangan yang telah terintegrasi dengan jumlah ketersediaan stok produk di gudang.

Aplikasi Warung Pangan adalah aplikasi yang dimanfaatkan oleh pelaku UMKM pemilik warung untuk berbelanja dalam memenuhi ketersediaan stok produk pangan di warung mereka. Aplikasi ini terus menerus mengalami pemutakhiran fitur-fitur yang mudah digunakan dan membantu pemilik warung dalam pengaplikasiannya.

Saat ini PPI berhasil memperluas jangkauan Warung Pangan sampai sebanyak 80.438 mitra di seluruh Indonesia.

“Saat ini, PPI sedang mengalami era yang sangat dinamis dalam proses transformasi bisnis dan budaya untuk menyongsong perubahan fase ke arah digital, sehingga diperlukan perubahan perilaku dan bisnis proses menuju sudut pandang outside (memahami keinginan costumer), creative & collaboration serta agile leadership,” ucap Nina Sulistyowati, Direktur Utama PPI.

Roadmap PPI sebagai end-state trading Holding BUMN Pangan sekaligus fungsi logistik melalui PT BGR Logistik Indonesia subsidiary of PPI secara berkelanjutan menginternalisasikan core values AKHLAK untuk mencapai corporate culture melalui program-program sharing knowledge yaitu PPI Pembelajar (PPIJar), Ulas Transformasi (ULTRA), Expert Berbicara (EXTRA) dan peluncuran change agent yang menjadi penggerak proses transformasi budaya secara keseluruhan di lingkungan kerja PPI.