Pemprov Babel Dorong Ekosistem Kewirausahaan Melalui Transformasi Digital

ANP • Friday, 4 Nov 2022 - 22:42 WIB

Pangkal Pinang - Kepulauan Bangka Belitung menjadi salah satu daerah yang mendukung penuh untuk terjadinya percepatan digital, baik secara birokrasi maupun inovasi. Sehingga, sistem dan informasi yang ada di Kepulauan Bangka Belitung dapat berkembang dan maju. Hal ini sesuai dengan semangat PJ Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, di mana ia pernah mengatakan bahwa harus ada semangat transformasi digital di Kepulauan Bangka Belitung, terutama dari kalangan anak muda.

Semangat tersebut diapreiasi dan didukung oleh Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar Billy Mambrasar. Pria yang akrab dipanggil Billy tersebut, siap untuk terlibat langsung dengan para mahasiswa dan elemen masyarakat yang ada di daerah Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk menunjukan dukungannya tersebut, pada Rabu 9 November Billy Mambrasar akan menghadiri dan menjadi narasumber pada “Seminar Nasional dan Peluncuran Program Pusat Inovasi dan Kewirausahaan Masyarakat” yang mengangkat tema “Kepemimpinan Kunci Inovasi dan Transformasi Digital Kewirausahaan”. 

Kegiatan yang akan diadakan di Graha Timah tersebut mendatangkan para narasumber handal dan profesional di bidangnnya, yaitu; PJ Gubernur Ridwan Djamaluddin, Dirjen Ristekdikti Nizam, Dirut PT Timah Tbk Achmad Ardianto dan Rektor Universitas Bangka Belitung Ibrahim. Ratusan mahasiswa dan peserta lainnya akan hadir baik secara langsung maupun daring.

Acara ini diselenggarakan sebagai forum diskusi terbuka yang membahas tentang bagaimana pentingnya gaya kepemimpinan dapat membantu sebuah daerah dalam berinovasi yang dapat memajukan daerah tersebut. Pada kesempatan ini, juga akan dilancurkan Pusat Inovasi dan kewirausahaan Masyarakat (PIKM), yang merupakan program besutan dari Billy Mambrasar.

PIKM nantinya akan berpusat di Universitas Bangka Belitung. Program  ini diciptakan untuk melatih siswa di kampus agar siap berinovasi dan menjadi agen perubahan di wilayah masing-masing, program PIKM akan membantu siswa yang akan menciptakan UMKM baru untuk mendapatkan investor yang nantinya akan digunakan untuk kegiatan operasional kampus. Sehingga kampus mampu mandiri secara finansial. Universitas Bangka Belitung menghadirkan ratusan mahasiswa aktif, baik dari kampusnya maupun universitas lainnya di kepulauan Bangka Belitung untuk menyemarakkan kegiatan ini.

Kegiatan yang didukung oleh PT. Timah Tbk dan BRI ini, diharapkan dapat mendorong penuh para anak-anak muda untuk memajukan sektor kewirausahaan dengan memanfaatkan digitalisasi, khususnya di wilayah Kepulauan Bagka Belitung. Sehingga dapat mewujudkan visi Presiden RI Jokowi dalam menciptakan 9 juta talenta digital baru serta 1 juta wirausahawan baru per tahunnya.