Gubernur Jatim Berangkatkan Tim Yankes Untuk Layanan Kesehatan Masyarakat Kepulauan

MUS • Thursday, 3 Nov 2022 - 09:24 WIB

Surabaya  - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas sebanyak 91 orang yang tergabung dalam tim Pelayanan Kesehatan Bergerak untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat ke Pulau Kangean, Kab. Sumenep, dari halaman Gedung Negara Grahadi, dini hari pukul 00.30 WIB, Surabaya, Kamis (3/11) dini hari.

Pelayanan Kesehatan Bergerak di Pulau Kangean ini dilaksanakan selama empat hari, mulai tanggal 3–6 Nopember 2022. Dimana, lokasi kegiatan dipusatkan di Rumah sakit Kangean, Puskesmas Arjasa dan Kantor Kecamatan.

Gubernur Khofifah mengungkapkan, kehadiran tim Yankes Bergerak menuju Pulau Kangean akan memberikan harapan lebih luas bagi terciptanya dukungan pemenuhan layanan kesehatan bagi masyarakat disana. Terlebih, berbagai penanganan kesehatan yang bisa diberikan cukup beragam termasuk tindakan medis bagi masyarakat.

"Terima kasih kepada tim Yankes Bergerak yang memberikan pengharapan lebih luas bagi masyarakat Pulau Kangean. Dengan tugas yang cukup luas dan tantangan kesehatan beragam. Saya yakin pola penanganan kesehatan bisa teratasi lewat pelayanan optimal kepada masyarakat," tegasnya.

Lebih jauh, Khofifah menguraikan, berdasarkan data hasil koordinasi dengan Dinkes Kab. Sumenep terdapat 428 masyarakat yang  saat ini akan diberikan layanan atau tindakan medis. Dimana, mereka  berasal dari wilayah Puskesmas Arjasa, Puskesmas Kangean dan Puskesmas Sapeken.

Dengan rincian layanan/tindakan medis yaitu kesehatan mata 204 kasus, tindakan bedah 127 kasus, kesehatan THT 39 kasus, kesehatan kandungan 33 kasus hingga kesehatan gigi 23 kasus. 

"Selamat bertugas dan sampaikan salam sehat dan salam hangat bagi Masyarakat Pulau Kangean. Semoga Allah menganugerahkan  kemudahan dan  kelancaran  dan tim yankes bergerak ini bisa memberikan manfaat dan harapan bagi masyarakat di wilayah kepulauan," pungkas Gubernur Khofifah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Jatim dr. Erwin Astha melaporkan, secara umum tujuan kegiatan ini adalah untuk mendekatkan  pelayanan Kesehatan di pulau Kangean Kab. Sumenep. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah pemberian layanan kesehatan dasar dan spesialistik, melakukan skrening penyakit tidak menular dengan pemeriksaan darah sederhana. 

"Kami juga memberdayakan masyarakat dengan  program prioritas tentang Stunting, AKI, AKB, Penyakit Menular & Tidak Menular dan Promotif dan Preventif serta melakukan Visitasi Rumah Sakit Kangean," pungkas dr Erwin