Kolaborasi ROOV dan PRSSNI Kembalikan Gairah Industri Radio Indonesia

MUS • Friday, 21 Oct 2022 - 16:46 WIB

Jakarta - Industri radio di Indonesia kini semakin berkembang. Salah satu perkembangan yang dapat dinikmati masyarakat adalah digitalisasi penyiaran yang sangat memudahkan masyarakat mengakses radio dari mana saja dan kapan saja.

Kemunculan teknologi digital membuat banyak stasiun radio di Indonesia menyediakan fasilitas penyiaran streaming audio untuk pendengarnya. Dengan fasilitas ini, siaran radio tidak hanya dapat didengar di wilayah jangkauan frekuensi saja, namun juga di seluruh dunia yang terkoneksi internet.

ROOV hadir sebagai platform berbasis konten audio di bawah naungan MNC Group telah menghadirkan berbagai konten audio yang juga berperan memberikan kontribusi lebih dari 14% dari jumlah traffic di super apps RCTI+ yang memiliki lebih dari 65 juta MAU, memiliki komitmen untuk menumbuhkan ekosistem konten audio lokal.

ROOV yang juga merupakan aplikasi audio terlengkap sudah banyak berkolaborasi dengan berbagai pembuat konten audio seperti podcast, audio series, audiobook dan juga radio, bahkan saat ini ROOV merupakan platform dengan Audio Series terbanyak yaitu lebih dari 2.000 episode sudah bisa didengarkan secara gratis.

Sesuai dengan semangatnya untuk terus menumbuhkan ekosistem konten audio, ROOV mewujudkan komitmennya melalui kerjasama dengan PRSSNI (Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia) untuk menghadirkan seluruh radio anggota PRSSNI di platform ROOV.

“Digitalisasi tentunya akan membantu teman-teman di radio untuk lebih mengoptimalkan aset-asetnya. Akan ada banyak cara berjualan yang bisa disajikan oleh teman-teman di radio yang berbeda dari biasanya, karena dengan adanya streaming artinya akan ada aset-aset baru yang bisa dioptimalkan dan akan lebih adjustable sesuai dengan permintaan klien. Kami juga akan banyak melakukan kolaborasi dalam hal konten, sales marketing dan juga pelatihan kepada teman-teman radio anggota PRSSNI bagaimana bisa mengoptimalkan asetnya setelah berada di ROOV. Jadi sesuai dengan komitmen kehadiran kami untuk menumbuhkan ekosistem dari konten audio maka kami tidak hanya menaruh perhatian pada hal yang bersifat konten dan teknikal saja tapi juga dari sisi bisnisnya juga harus ditumbuhkan, kami juga yakin di bawah naungan MNC Group kolaborasi yang dilakukan akan bisa semakin besar dan luas cakupannya tidak hanya pada perluasan akses radio streamingnya saja”, kata Leli Kamal - Chief Operating Officer ROOV.

“Senang sekali bisa menghadirkan berbagai konten radio di ROOV, karena kreativitas di industri radio selalu memiliki keunikan tersendiri. Dengan hadirnya berbagai radio di ROOV kita bisa mendengar berbagai macam karya kreatif yang menginspirasi dan memotivasi kita sehari-hari”, kata Hilbram Dunar - Creative & Content Lead ROOV.

Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) adalah asosiasi radio siaran swasta terbesar dan tertua di Indonesia sejak 1974 dan saat ini memiliki 583 radio anggota yang tersebar dari Aceh hingga Maluku dengan Erick Thohir sebagai Ketua Umum.

Saat ini, ada tiga puluh juta orang yang mendengarkan Radio di Indonesia (Nielsen Audio Measurement 2022).

Kunjungi www.radioindonesia.co.id untuk tahu lebih perkembangan industri radio di Indonesia.

Dengan kolaborasi yang dilakukan oleh ROOV dan PRSSNI yang memiliki anggota lebih dari 500 radio swasta di Indonesia, diharapkan dapat semakin membangkitkan gairah industri radio di era digital saat ini dan selalu menjadikan radio sebagai media utama pilihan masyarakat Indonesia.

Kunjungi www.roov.id untuk mendengarkan berbagai radio di Indonesia di ROOV dan download aplikasinya di Google Playstore atau App Store.