Dubes Heri Dukung Pembangunan Pusat Stem Cell di KEK Sanur Bali oleh Swasta Jepang

MUS • Wednesday, 19 Oct 2022 - 16:09 WIB

Bali - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyambut baik penandatanganan kesepakatan kerja sama antara perusahaan swasta Jepang, RISE Holding Co. Ltd. dengan Hotel Indonesia Natour (HIN) sebagai pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di Sanur Bali untuk mengembangkan stem cell processing sebagai salah satu metode pengobatan kanker.

“Saya menyambut baik ditandatanganinya kesepakatan kerja sama pengembangan pusat stem cell dengan teknologi Jepang di Bali ini, yang merupakan wujud nyata dukungan bisnis Jepang untuk pengembangan KEK Kesehatan Sanur,” ungkap Dubes RI Heri Akhmadi.

“Kerja sama pengembangan pusat stem cell ini juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan bisnis Jepang ke Indonesia yang difasilitasi KBRI Tokyo pada April 2022 yang lalu. KBRI Tokyo tentunya terus berkomitmen untuk melakukan pengawalan sejumlah komitmen investasi Jepang hingga netas,” tambah Dubes Heri.

Kesepakatan kerja sama pengembangan pusat stem cell di Bali pada 18 Oktober 2022 ditandatangani oleh CEO RISE Holdings Tomoki Nagano dan Direktur Utama HIN Iswandi Said, dengan disaksikan oleh President Director Injourney Group Dony Oskaria.

Penandatanganan kesepakatan kerja sama ini dilakukan di sela-sela penyelenggaraan G-20 State Owned Enterprise (SOE) International Conference di Bali.

Perusahaan Jepang RISE Holding Co. Ltd. sebelumnya telah menyampaikan komitmen untuk investasi alih teknologi cell processing center di KEK Kesehatan Sanur senilai USD 24,9 juta. RISE juga bekerja sama dengan mitra lokal Pelangi Mitra Selaras (PMS) untuk mendirikan joint venture.

“Sesuai komitmen investasi yang telah kami sampaikan sebelumnya, RISE Holding Co. Ltd.  siap mendukung pengembangan KEK Kesehatan di Bali dengan pembangunan pusat stem cell yang dapat bermanfaat untuk memajukan teknologi pengobatan kanker dan meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan Indonesia,” ujar CEO RISE Holdings Tomoki NAGANO yang turut didampingi Vice Chairman RISE Holding Co. Ltd. Dato Seri Richard Teo.

Teknologi kesehatan yang dimiliki RISE ini berfokus pada bidang imunologi, penanganan kanker dan data center for DNA/Genetic Analysis berbasis stem cell.

Selain kerja sama RISE Holding Co. Ltd. dan HIN ini, terdapat beberapa komitmen dukungan Jepang untuk pengembangan KEK Kesehatan di Bali. Antara lain yakni komitmen dukungan Hiroshima University untuk mengirimkan tenaga medis ke berbagai rumah sakit di Indonesia dan penerapan teknologi kesehatan Jepang, khususnya untuk layanan tele-surgery. 

Sebelumnya pada 27 Maret lalu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo memfasilitasi perjalanan delegasi bisnis Jepang mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di Sanur, Bali. Kunjungan tersebut menghasilkan kesepakatan bisnis senilai USD 150 juta atau setara Rp.2,15 triliun.